Kompas.com - 02/11/2021, 18:01 WIB

KOMPAS.com - Warna cat tidak hanya dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik, tetapi juga mampu meningkatkan nilai harga jual rumah.

Apabila kita sedang mempertimbangkan untuk menjual rumah, maka kita perlu memperbarui cat di rumah untuk dapat meningkatkan nilai keseluruhannya dan menarik calon pembeli.

"Lapisan cat baru memberikan keuntungan hingga 100 persen dan dapat meningkatkan nilai rumah sebesar lima persen."

Demikian kata CEO perusahaan desain interior mewah Liz Walton Home di Pennsylvania, Amerika Serikat, Liz Walton.

Memang, mengecat rumah membutuhkan lebih banyak waktu dan uang, tetapi kita bisa mendapatkan hasil yang signifikan jika kita memilih warna yang tepat.

Baca juga: 5 Pilihan Warna Cat Rumah untuk Meredakan Stres

Sebagai aturan praktis, warna terang dan netral adalah pilihan yang tepat karena pilihan warna biasanya sangat subjektif.

"Gagasan setiap orang tentang apa yang mereka inginkan dan sukai dalam warna, suasana hati, dan energi sangat berbeda."

Demikian kata David Bluhm, salah satu pendiri Plunk, sebuah aplikasi yang membantu pemilik rumah meningkatkan ekuitas rumah melalui perbaikan.

"Jadi, semakin banyak pilihan warna berani yang kita buat, maka kita berisiko menarik audiens yang lebih kecil dari pembeli potensial," sambung dia.

Selain bagian dalam, warna cat yang kita pilih untuk bagian luar rumah juga penting dan berperan dalam meningkatkan nilai jualnya.

"Dari perspektif eksterior, warna cat rumah dapat secara drastis meningkatkan daya tarik pembeli," ungkap direktur layanan garansi di Power Home Remodeling, Eamon Lynch.

Baca juga: 10 Psikologi Warna Rumah; Biru Bikin Adem, Merah Tambah Bergairah

Dia pun menyarankan kita menggunakan warna cat putih, abu-abu, dan cokelat untuk eksterior rumah karena ini adalah warna yang paling universal dan abadi dalam beberapa gaya.

Di samping itu, ada juga sejumlah warna cat netral teratas yang dapat kita pilih untuk dapat meningkatkan nilai jual rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.