Kompas.com - 05/11/2021, 19:55 WIB

KOMPAS.com - Kecelakaan lalu lintas yang menewaskan pasangan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah dapat menjadi momen untuk kembali mengingat faktor keselamatan saat berkendara, termasuk ketika membawa bayi atau anak.

Seperti diketahui, putra mereka, Gala, juga ikut dalam perjalanan tersebut dan berada dalam mobil ketika kecelakaan terjadi.

Salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan ketika membawa bayi dalam perjalanan adalah membawa car seat atau kursi mobil khusus bayi.

Car seat sama pentingnya seperti sabuk pengaman, namun sebagian orangtua enggan menggunakannya, salah satunya karena penggunaannya yang rumit.

KidsHealth.org menyebutkan, menggunakan car seat adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi anak dari kemungkinan kecelakaan mobil ketika berada di dalam.

Namun, keselamatan bayi juga bergantung pada pemilihan car seat dan menggunakannya secara tepat.

Car seat terbaik adalah yang pas dengan berat badan, ukuran, dan usia bayi, serta kendaraan.

Baca juga: Catat, Ini Batas Aman Kecepatan Berkendara di Jalan Tol

Sabuk pengaman tidak cukup untuk bayi dan anak

Sabuk pengaman sangat efektif dalam menjaga orang dewasa tetap aman ketika kecelakaan terjadi.

Namun, menurut US News and World Report, sabuk pengaman tidak cukup untuk melindungi anak, apalagi bayi.Unsplash/Why Kei Sabuk pengaman sangat efektif dalam menjaga orang dewasa tetap aman ketika kecelakaan terjadi. Namun, menurut US News and World Report, sabuk pengaman tidak cukup untuk melindungi anak, apalagi bayi.
Sabuk pengaman sangat efektif dalam menjaga orang dewasa tetap aman ketika kecelakaan terjadi.

Namun, menurut US News and World Report, sabuk pengaman tidak cukup untuk melindungi anak, apalagi bayi.

Sabuk pengaman mungkin terlihat tidak pas pada anak umur 5 tahun, misalnya, dengan sabun yang melintang di atas dagu anak.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.