Kompas.com - 10/11/2021, 20:17 WIB
Mengonsumsi buah rendah kalori tak hanya membantu mengisi perut di tengah waktu makan, tetapi juga mendukung kesehatan secara keseluruhan. Unsplash/Jo SoonMengonsumsi buah rendah kalori tak hanya membantu mengisi perut di tengah waktu makan, tetapi juga mendukung kesehatan secara keseluruhan.

KOMPAS.com - Mengonsumsi buah rendah kalori tak hanya membantu mengisi perut di tengah waktu makan, tetapi juga mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Meski secara umum semua buah baik untuk kesehatan, beberapa buah lebih rendah kalori daripada yang lainnya.

Selain itu, meski buah rendah kalori, bukan berarti kita bisa memakannya secara berlebihan bersama makanan tinggi kalori lainnya.

Idealnya, jadikan buah sebagai alternatif camilan sehat untuk menggantikan camilan tidak sehat, seperti makanan olahan dan tinggi garam.

Baca juga: 5 Jenis Buah untuk Menurunkan Kolesterol

Buah rendah kalori untuk diet

Berikut pilihan buah rendah kalori untuk camilan ketika diet:

1. Apel

Apel adalah salah satu buah rendah kalori yang baik untuk dikonsumsi ketika diet. Menurut MedicineNet, satu buah apel ukuran besar mengandung sekitar 116 kalori dan mengandung sekitar 5,4 gram serat.UNSPLASH/AARON BLANCO TEJEDOR Apel adalah salah satu buah rendah kalori yang baik untuk dikonsumsi ketika diet. Menurut MedicineNet, satu buah apel ukuran besar mengandung sekitar 116 kalori dan mengandung sekitar 5,4 gram serat.
Apel adalah salah satu buah rendah kalori yang baik untuk dikonsumsi ketika diet. Menurut MedicineNet, satu buah apel ukuran besar mengandung sekitar 116 kalori dan mengandung sekitar 5,4 gram serat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apel membantu kita merasa kenyang, sehingga kita tidak ngidam makanan tinggi kalori lainnya. Satu buah apel membantu kita merasa tiga kali lebih kenyang daripada ngemil cokelat batang.

Baca juga: 9 Manfaat Buah Apel, Termasuk Bantu Turunkan Berat Badan

2. Blueberry

Satu cangkir blueberry ukuran 148 gram hanya mengandung 85 kalori. Itulah mengapa, blueberry dapat menjadi pilihan buah rendah kalori.SHUTTERSTOCK/ODUA IMAGES Satu cangkir blueberry ukuran 148 gram hanya mengandung 85 kalori. Itulah mengapa, blueberry dapat menjadi pilihan buah rendah kalori.
Satu cangkir blueberry ukuran 148 gram hanya mengandung 85 kalori. Itulah mengapa, blueberry dapat menjadi pilihan buah rendah kalori.

Para peneliti membuktikan bahwa blueberry menyediakan antioksidan tinggi dibandingkan buah lainnya, seperti pisang dan apel.

Departemen Pertanian AS (USDA) mengestimasikan satu cangkir blueberry mengandung sekitar 14,6 miligram vitamin C, membuatnya sebagai sumber antioksidan yang baik sekaligus camilan rendah kalori.

Baca juga: 4 Bahan Makanan untuk Pewarna Biru Alami, Bunga Telang sampai Blueberry

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.