Kompas.com - 24/11/2021, 14:32 WIB
Ilustrasi menanam sayuran organik. SHUTTERSTOCK/WERTINIOIlustrasi menanam sayuran organik.

KOMPAS.com – Trik tumpangsari beberapa jenis tanaman pada jarak yang berdekatan merupakan cara cerdas untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman.

Selain membuat tanaman tumbuh lebih subur dan cepat berbuah, ternyata trik ini bisa membuat tanaman lain bebas dari hama, serangga, maupun kutu yang berpotensi merusak bunga, daun, dan buah.

Hal ini juga dibenarkan oleh Wakil Direktur dan Kepala Horticultural Society of New York, George Pisegna, 

Ia mengatakan, menanam dua tanaman secara bersamaan bisa menarik serbuk sari maupun menghalangi hama, kutu, dan serangga, serta meningkatkaan nutrisi tanaman.

"Baik dengan pot besar atau kecil, menggabungkan buah-buahan, sayuran, bunga, dan rempah-rempah tertentu akan meningkatkan keanekaragaman hayati kebunmu," kata Pisegna.

Bagi orang-orang yang hobi menanam tanaman, terutama selama pandemi, cara ini bisa dicoba untuk melepas penat sekaligus mengisi waktu selama berada di rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika kamu penasaran, tanaman apa saja yang bisa ditanam bersama-sama, berikut ini adalah daftarnya.

1. Brasika dan calendula

Di urutan pertama adalah brasika dan calendula. Tanaman brasika adalah jenis tumbuhan kubis-kubisan dan calendula merupakan tanaman berbunga yang bisa tumbuh hingga sampai 61 cm.

Pisegna mengatakan, dua tanaman ini cocok ditanam bersama karena kutu daun sangat tertarik pada serbuk sari dan nektar dari calendula sehingga tidak akan mengganggu tanaman brasika.

2. Tomat dan basil

Kombinasi ini disebut Pisegna sangat cocok, sebab aroma kemangi yang harum dari basil mampu mengusir ulat tanduk dan lalat yang biasa menggerogoti tomat.

Halaman:


Sumber realsimple
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.