Kompas.com - 26/11/2021, 07:27 WIB
Paxel ajak penggunanya bijak mengelola sisa kemasan e-commerce dengan layanan jemput sampah Paxel ajak penggunanya bijak mengelola sisa kemasan e-commerce dengan layanan jemput sampah

KOMPAS.com - Peningkatan tren belanja online memberikan pengaruh buruk pada lingkungan.

Kebiasaan ini menghasilkan lebih banyak sampah yang didominasi oleh plastik, kardus, bubble wrap dan berbagai material pembungkus paket.

Setiap harinya, ada lebih dari enam juta paket e-commerce  yang dikirim di Indonesia, setara dengan 9.000 ton sampah. Jumlahnya bahkan belum termasuk food delivery yang juga cukup signifikan.

Hana Nur Auliana, Head of Communication & Engagement Waste4Change mengatakan perilaku ini akan berdampak buruk pada kualitas hidup manusia dan Bumi. Tumpukan sampah tersebut jika tidak dikelola dengan benar akan memperburuk perubahan iklim yang kini terjadi serta berbagai dampaknya.

"Saat ini tempat sampah akhir sudah banyak yang kewalahan, jika kebiasaan kita tidak dirubah maka ini bisa buruk untuk lingkungan," jelasnya, dalam rilis virtual yang digelar Kamis (25/11/2021).

Baca juga: Tips Daur Ulang Sampah Belanja Online agar Jadi Ramah Lingkungan

Salah satu solusi yang ditawarkan adalah memilah sampah untuk kemudian disalurkan dan diolah sebagaimana mestinya. Sayangnya, hal ini masih sulit dilakukan karena masyarakat belum terbiasa memilah sampahnya sendiri, termasuk yang didapat dari belanja online.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Zaldy Ilham Masita Co-founder Paxel mengakui pertumbuhan fenomenal belanja online selama 10 tahun terakhir memberikan dampak negatif pada lingkungan. Terbukti ada banyak tumpukan sampah kemasan dari e-commerce yang kebanyakan plastik dan kardus di setiap rumah tangga di Indonesia.

Sebagai startup e-commerce logistik, Paxel berupaya ikut bertanggung jawab untuk memberikan solusi atas dampak negatif dari pertumbuhan e-commerce terhadap lingkungan.

"Bekerjasama dengan startup lingkungan Waste4Change, kami meluncurkan servis PaxelRecycle untuk membantu Indonesia memenuhi rekomendasi dari konferensi perubahan iklim dunia," ujarnya.

Baca juga: Pilah, Bilas, dan Lipat, Sampah Karton Sebelum Didaur Ulang

Paxel sediakan layakan jemput sampah kemasan e-commerce untuk kurangi dampak buruk tren belanja online. Paxel sediakan layakan jemput sampah kemasan e-commerce untuk kurangi dampak buruk tren belanja online.

Layanan ini diluncurkan bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-4 sekaligus memperingati Hari Menanam Pohon pada 28 November mendatang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.