Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilah, Bilas, dan Lipat, Sampah Karton Sebelum Didaur Ulang

Kompas.com - 12/11/2021, 18:39 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Saat ini semakin banyak brand yang mendukung konsumen untuk melakukan daur ulang sampah rumah tangga dengan membuat titik pengumpulan wadah kosong.

Meski begitu sebagai konsumen kita juga perlu mengetahui cara memilah sampah, hingga melakukan "treatment" pada sampah di rumah sebelum dikumpulkan.

SIG Indonesia bersama dengan Kara, meluncurkan kampanye #PilahBilasLipat, yang mengajak keluarga Indonesia untuk memulai hidup yang lebih ramah lingkungan dengan tiga langkah sederhana.

Langkah itu yakni, pilah kemasan karton bekas dari sampah lainnya, bilas kemasan dengan air, lalu lipat kemasan sebelum dikumpulkan untuk didaur ulang.

"Setelah memilah, membilas, dan melipat kemasan bekas tersebut, kumpulkan di drop point kemasan bekas atau di aplikasi daur ulang sampah seperti Duitin,"kata Head of Market SIG Combibloc Indonesia, dalam talkshow virtual (11/11/2021).

Ditambahkan oleh Commercial Director PT Kara Santan Pertama, Martin Jimi, kebiasaan baik #PilahBilasLipat dapat menjadi langkah pertama untuk mendaur ulang kemasan karton bekas.

Baca juga: Cara Tepat Daur Ulang Sampah Masker Kesehatan

"SIG selama ini telah menyediakan kemasan ramah lingkungan untuk Kara, yang sesuai dengan misi kami untuk menjadi perusahaan yang sustainable. Kali ini, bentuk kerja sama kami adalah mengedukasi keluarga Indonesia seputar menjalani gaya hidup yang lebih ramah lingkungan,"katanya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Way Beyond Good Journey (@sig.id.waybeyondgood)

Noer mengatakan, sejak tahun 2015, SIG telah menjalankan kegiatan-kegiatan yang mendukung komitmen Way Beyond Good miliknya.

Beberapa kegiatan termasuk mengumpulkan kemasan karton susu bekas di Farmers Market dan Lion Super Indo bersama Frisian Flag; mengumpulkan dan mendaur ulang sampah kemasan karton bekas di pabrik Sambu Group; mengumpulkan kemasan karton bekas dari 300 perumahan di Jabodetabek; kampanye media sosial melalui akun Instagram @SIG.ID.WayBeyondGood; dan kolaborasi dengan Duitin untuk membantu tumbuhnya Way Beyond Good Generation.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com