Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Sering Dilupakan, Inilah Pentingnya Komunikasi dalam Hubungan

Kompas.com - 29/11/2021, 08:40 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata

KOMUNIKASI adalah salah satu kunci terpenting dalam suatu hubungan. Komunikasi diperlukan agar tidak ada salah pengertian antarpasangan yang akan mengakibatkan runtuhnya hubungan.

Komunikasi yang baik adalah salah satu elemen esensial dari hubungan sehat. Di dalam hubungan, baik itu romansa, keluarga, atau pertemanan, komunikasi diperlukan agar pribadi saling memahami.

Suatu hubungan tentu terdapat masa naik dan turun, tapi semua rintangan itu dapat terlewati apabila pasangan memiliki komunikasi yang baik.

Banyak dari kita lupa untuk mengkomunikasikan hal-hal kecil sehingga tanpa disadari “kilau” pada hubungan mulai luntur.

Baca juga: Pentingnya Personal Space dalam Sebuah Hubungan

Selain itu, pasangan yang jarang berkomunikasi rentan mengalami konflik sehingga akan menyebabkan keretakan pada hubungan.

Menurut penelitian Anjani dan Lestari pada 2018, apabila konflik diatasi dengan pola komunikasi yang salah, tak menutup kemungkinan akan menimbulkan kekerasan psikis.

Terdapat kelebihan dari komunikasi yang baik, di antaranya adalah untuk berbagi perasaan yang sedang dirasakan, pendapat mengenai suatu masalah, dan harapan terkait rencana masa depan.

Banyak orang gagal berkomunikasi karena takut ditolak, takut berakhir mengecewakan, atau bahkan kehilangan pasangan, anggota keluarga, atau teman.

Silent treatment lahir dari komunikasi buruk

Peribahasa "diam adalah emas" tampaknya tidak berlaku di semua kondisi, meskipun terkadang diam adalah hal terbaik yang digunakan untuk menghindari konflik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.