Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2021, 10:21 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Personal space alias ruang personal kerap disalahartikan oleh beberapa orang. Tak jarang individu yang tengah menjalin hubungan asmara berpikir jika pasangannya mengatakan ia membutuhkan personal space, artinya hubungan itu berada di ujung tanduk.

Padahal tidak demikian. Personal space hanyalah suatu batasan pribadi yang tidak boleh dilewati orang lain, dan memilikinya sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Karena itu, meminta ruang pribadi dalam hubungan bukan berarti hubungan kita akan berakhir, melainkan pasangan hanya meminta waktu untuk dirinya sendiri.

Jadi, tak perlu khawatir. Karena menariknya, meminta personal space mungkin akan berpengaruh pada kelangsungan hubungan, karena baik kita dan pasangan akan merasa “segar” setelah mendapatkannya.

Nah, berikut manfaatnya.

Menemukan kembali individualitas diri

Berada dalam suatu hubungan dapat membuat kita melupakan individualitas diri karena sangat terhubung dengan pasangan. Namun saat kita meminta waktu sendiri pada pasangan, artinya kita memberi diri kesempatan untuk menemukan kembali diri kita sendiri.

Kita dapat menghabiskan waktu untuk melakukan hal-hal yang membuat kita bahagia dan membuat kita sibuk. Intinya, waktu istirahat ini bisa sangat baik untuk kita.

Kendati demikian, kita perlu hati-hati saat menjelaskan pada pasangan bahwa kita membutuhkan space. Pasalnya, tentu pasangan tidak akan senang jika kita mengatakan bahwa kita menginginkan space karena kita bosan.

Jadi, jelaskan dengan tenang alasan mengapa kita butuh personal space kepada pasangan.

Baca juga: 9 Tanda Kamu Kurang Menghargai Diri Sendiri

Koneksi diri yang lebih baik

Setelah kita meminta personal space kepada pasangan, kita mungkin merasa tidak aman karena terputusnya hubungan dengan pasangan dapat membuat kita merasa sepi.

Namun, kita akan merasa lebih baik saat terhubung dengan diri sendiri. Kita juga akan berada dalam kondisi pikiran yang jauh lebih baik karena memberikan waktu khusus hanya untuk diri sendiri.

Ingatlah bahwa tidak apa-apa untuk beristirahat. Kita tidak perlu merasa tertekan untuk itu, karena tidak memiliki waktu istirahat hanya akan menghancurkan diri sendiri dari dalam.

Lalu, pahami bahwa kita membutuhkan waktu untuk berhubungan kembali dengan diri sendiri, dan itu hanya dapat dicapai dengan meminta personal space kepada pasangan.

Bagaimana seharusnya kita bereaksi?

Jika pasangan adalah orang yang meminta personal space, maka jangan panik dan jangan menyudutkan dirinya.

Pahami mengapa ia menginginkannya dan jangan membuat ia merasa bersalah karenanya. Ingatlah, semua orang butuh istirahat.

Baca juga: Mencintai Diri Sendiri, Bagaimana Caranya?

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com