Kompas.com - 28/11/2021, 10:21 WIB
wanita bahagia evgenyatamanenkowanita bahagia
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Personal space alias ruang personal kerap disalahartikan oleh beberapa orang. Tak jarang individu yang tengah menjalin hubungan asmara berpikir jika pasangannya mengatakan ia membutuhkan personal space, artinya hubungan itu berada di ujung tanduk.

Padahal tidak demikian. Personal space hanyalah suatu batasan pribadi yang tidak boleh dilewati orang lain, dan memilikinya sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Karena itu, meminta ruang pribadi dalam hubungan bukan berarti hubungan kita akan berakhir, melainkan pasangan hanya meminta waktu untuk dirinya sendiri.

Jadi, tak perlu khawatir. Karena menariknya, meminta personal space mungkin akan berpengaruh pada kelangsungan hubungan, karena baik kita dan pasangan akan merasa “segar” setelah mendapatkannya.

Nah, berikut manfaatnya.

Menemukan kembali individualitas diri

Berada dalam suatu hubungan dapat membuat kita melupakan individualitas diri karena sangat terhubung dengan pasangan. Namun saat kita meminta waktu sendiri pada pasangan, artinya kita memberi diri kesempatan untuk menemukan kembali diri kita sendiri.

Kita dapat menghabiskan waktu untuk melakukan hal-hal yang membuat kita bahagia dan membuat kita sibuk. Intinya, waktu istirahat ini bisa sangat baik untuk kita.

Kendati demikian, kita perlu hati-hati saat menjelaskan pada pasangan bahwa kita membutuhkan space. Pasalnya, tentu pasangan tidak akan senang jika kita mengatakan bahwa kita menginginkan space karena kita bosan.

Jadi, jelaskan dengan tenang alasan mengapa kita butuh personal space kepada pasangan.

Baca juga: 9 Tanda Kamu Kurang Menghargai Diri Sendiri

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.