Kompas.com - 29/11/2021, 18:12 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19. Studi terbaru AS menemukan bahwa efikasi vaksin Covid-19 Moderna, Pfizer, dan Johnson & Johnson menurun drastis setelah 6 bulan. Apa artinya? Shutterstock/Stefano GarauIlustrasi vaksin Covid-19. Studi terbaru AS menemukan bahwa efikasi vaksin Covid-19 Moderna, Pfizer, dan Johnson & Johnson menurun drastis setelah 6 bulan. Apa artinya?

KOMPAS.com - Produsen vaksin Moderna menyatakan siap meluncurkan vaksin penangkal varian Omicron pada awal tahun 2022.

Chief Medical Officer Moderna, Paul Burton mengatakan pihaknya akan meluncurkan vaksin yang diformulasikan ulang untuk menghadapi mutasi terbaru Covid-19 ini.

Ia mengakui kebutuhan formulasi baru vaksin ini memang belum bisa dipastikan karena WHO masih mendalami lebih jauh soal karakteristik varian Omicron.

Namun vaksin tersebut diharapkan dapat memberikan perlindungan terhadap varian baru yang mulai menyebar ke seluruh dunia ini.

Baca juga: 5 Fakta Penting soal Mutasi Terbaru Covid-19, Varian Omicron

“Kita harus tahu tentang kemampuan vaksin saat ini untuk memberikan perlindungan dalam beberapa minggu ke depan, tetapi vaksin MRNA, platform Moderna dapat bergerak sangat cepat,” katanya, dikutip dari laman CNBC.

Menurutnya, formulasi baru bisa tersedia pada awal tahun depan sebelum benar-benar tersedia dalam jumlah besar untuk didistribusikan ke seluruh dunia.

Burton mengatakan vaksin Moderna saat ini dapat memberikan perlindungan, tergantung pada berapa lama orang tersebut sudah divaksinasi.

Namun akan lebih baik jika lebih banyak lagi jumlah orang yang divaksin maupun diberikan booster vaksin untuk meningkatkan antibodi.

Moderna telah memomibilisasi ratusan pekerjanya untuk mulai mempelajari varian Omicron.

Sementara itu, raksasa farmasi lainnya, Pfizer juga disebutkan telah melakukan langkah serupa. Demikian pula AstraZeneca dan Johnson & Johnson yang tengah melakukan investigasi untuk memastikan efektivitas produknya menghadapi infeksi yang disebabkan varian Omicron.

Halaman:
Baca tentang
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.