Kompas.com - 30/11/2021, 13:58 WIB
Mengajari anak merawat dan menjaga mainannya, amat berpengaruh pada perkembangan hidupnya, dan perilaku baik yang menyertainya. PEXELS/Yan Krukov Mengajari anak merawat dan menjaga mainannya, amat berpengaruh pada perkembangan hidupnya, dan perilaku baik yang menyertainya.

KOMPAS.com - Sebagai orangtua, kita pasti pernah membeli banyak mainan untuk anak-anak, tanpa memberi tahu harga atau pun keistimewaan mainan tersebut.

Sehingga, apabila mainan rusak, anak-anak mungkin tidak akan peduli lagi, karena ada lebih banyak mainan yang bisa menggantikannya.

Padahal, berapa pun harga mainan — baik yang sangat mahal atau murah — kita harus tetap mengajarkan anak-anak betapa pentingnya merawat mainan milik mereka.

Baca juga: Mainan Anak Makin Canggih, Dilengkapi Teknologi AI

Mengajarkan anak-anak untuk merawat mainan sangat berdampak positif bagi kehidupan mereka.

Hal ini berkaitan dengan rangsangan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap barang yang dimiliki, dan tidak mudah melemparkan tanggung jawab pada orang lain.

Selain itu, mereka juga dapat memelajari banyak hal terkait dengan rasa tanggung jawab dan bagaimana seharusnya memperlakukan mainan sebagai barang pribadi mereka.

Nah, berikut ini terdapat sejumlah alasan pentingnya orangtua mengajarkan anak-anak untuk merawat mainan mereka sendiri.

1. Mengajarkan tanggung jawab

Ketika anak-anak membawa mainan ke luar untuk bermain, banyak yang hanya memikirkan upaya yang diperlukan dalam menyiapkan mainan dalam waktu bermain yang menyenangkan.

Dengan demikian, semakin banyak mainan yang dipakai untuk bermain di luar rumah.

Dan, ketika saatnya untuk membersihkan, keberadaan semua mainan di sekitar anak bisa menjadi tugas yang berat jika anak tidak diajari untuk menyimpannya agar tetap baik dan aman untuk dipakai bermain di hari lain.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.