Kompas.com - 10/12/2021, 13:25 WIB

KOMPAS.com - Ada sejumlah cara yang dipercaya banyak orang dapat meredakan pilek. Salah satunya adalah memasukkan bawang putih ke hidung.

Cara ini banyak beredar di platform TikTok, dan sebagian orang merasa tips ini berhasil mengeluarkan lendir dari hidung setelah memasukan bawang putih.

Padahal, menurut dokter telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) Raj Sindwani cara ini tidak akan mengatasi hidung pilek, tapi malah memperburuknya.

Awalnya, beberapa pengguna TikTok membagikan video yang menggambarkan saat mencoba memasukkan satu siung bawang putih ke lubang hidung.

Baca juga: Manfaat dan Risiko Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

Mereka mengaku trik ini dapat meredakan hidung mampet yang terkait dengan sinus, pilek, dan alergi.

Saat bwang putih dikeluarkan dari hidung, ingus mengalir keluar dan mereka merasa cara ini berhasil.

Tetapi Dr. Sindwani mengatakan, menyumbat lubang hidung dengan bawang putih sebenarnya dapat menyebabkan lendir bertambah ketika bawang putih dikeluarkan.

Bawang putih mengiritasi lapisan hidung dan menyebabkannya pembentukan lendir meningkat, sementara juga menutup lendir yang sudah ada," tambah Dr. Sindwani.

Dengan kata lain, cara memasukkan bawang putih ke hidung justru membuat kondisi menjadi lebih buruk, dan bukan lebih baik.

Apakah aman memasukkan bawang putih ke dalam hidung?

Bawang putih memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi memasukkanya ke hidung untuk meredakan pilek bukanlah salah satunya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.