Membedakan Gejala Pilek, Flu dan Covid-19

Kompas.com - 18/09/2020, 13:14 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Pilek, flu dan Covid-19 disebabkan oleh virus-virus yang berbeda, tapi bisa menunjukkan gejala yang mirip.

Orang awam mungkin akan sangat kesulitan menetukan penyakit mana yang sedang mereka alami. Apalagi ketika terjadi di masa pandemi, kecurigaan sering kali mengarah pada Covid-19.

Kebanyakan orang yang merasakan sakit karena virus corona akan mengalami setidaknya satu dari gejala-gejala kunci berikut:

- Suhu tubuh tinggi.

- Batuk yang baru atau berkelanjutan.

- Kehilangan kemampuan mencium atau mengecap rasa.

Baca juga: Ini Cara Membedakan Anak Alergi Dingin atau Pilek

Lalu, jika mengalami satu atau lebih dari gejala tersebut, bagaimana membedakannya?

1. Demam

Seseorang dikatakan demam jika suhu tubuhnya sudah lebih dari 37,8 derajat Celcius. Demam seperti ini terjadi karena tubuh memerangi infeksi, namun tidak selalu karena virus corona.

Gunakan termometer untuk mengetahui angka suhu yang akurat. Jika tidak punya, mintalah bantuan orang terdekat untuk menilai apakah tubuhmu terasa hangat.

Halaman:


Sumber BBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X