Kompas.com - 13/12/2021, 09:43 WIB

KOMPAS.com - Beberapa daerah di Indonesia saat ini sudah memasuki musim hujan. Walau musim ini memberi iklim yang lebih sejuk, penting untuk menjaga daya tahan tubuh, terlebih kita masih berada di masa pandemi.

Para ahli menyebutkan, peningkatan partikel air di udara membuat kita beresiko dua kali lipat terkena berbagai infeksi yang ditularkan melalui udara.

Hal ini disebabkan kandungan air yang tinggi di udara memungkinkan berbagai mikroorganisme berbahaya berkembang biak lebih cepat daripada di iklim yang lebih hangat dan lebih kering.

Penyakit yang terkait saluran pernapasan termasuk yang sering diderita masyarakat. Hal itu antara lain tercermin dari keluhan para pengguna konsultasi dokter online di aplikasi Good Doctor, pada periode Oktober - November 2021.

"Tren Diagnosis yang meningkat yang menunjukkan bahwa kasus infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) mendominasi kategori telekonsultasi yang ditangani tim Good Doctor," kata Head of Medical PT Good Doctor Technology, Adhiatma Gunawan.

Baca juga: 11 Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan, Tak Cuma Flu

Ia memperingatkan bahwa tren yang mengkhawatirkan ini akan terus meningkat jika tindakan pencegahan kesehatan untuk meningkatkan kekebalan tubuh tidak dilakukan.

"Tren diagnosis menunjukkan peningkatan ISPA sebesar 1—2 persen setiap minggunya dan diprediksi akan meningkat menjadi 10 persen pada minggu-minggu berikutnya," ujarnya.

ISPA adalah infeksi akut yang menyerang saluran pernapasan bagian atas dan dapat menular ke orang lain. Bagian tubuh yang terkena dapat berupa hidung, sinus, faring, dan laring.

Gejala yang mungkin dirasakan antara lain pilek, bersin, batuk, dan hidung tersumbat.

Dijelaskan oleh dr.RA Adaningar Sp.PD dalam webinar GoodTalkSeries, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh di musim penghujan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.