Kompas.com - 19/12/2021, 08:12 WIB
Ilustrasi ask.comIlustrasi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, ketiak menghitam dapat menjadi hal memalukan, dan menghalangi seseorang untuk melakukan beberapa kegiatan, seperti berolahraga atau memakai baju tanpa lengan.

Perubahan warna pada ketiak ini bisa disebabkan oleh banyak sebab. Misalnya saja, dari iritasi kimia yang disebabkan oleh deodorant dan antiperspirant, bercukur, atau penumpukan sel kulit mati.

Tak hanya itu, Healthline juga menyebut bahwa gesekan karena pakaian ketat, dan hiperpigmentasi yang disebabkan oleh merokok juga dapat menyebabkan menghitamnya kulit ketiak.

Terkadang, kulit ketiak yang menghitam juga merupakan tanda beberapa kondisi kesehatan, seperti diabetes, obesitas, atau kadar hormon abnormal.

Lalu, infeksi bakteri (eritrasma). bercak hitam pada kulit (melasma), serta penyakit Addison atau rusaknya kelencari adrenal juga dapat membuat kulit ketiak menghitam.

Bagaimana menanganinya?

Respons prtama terhadap pertanyaan “bagaimana cara mencerahkan ketiak” adalah dengan menangani penyebab dasarnya.

Misalnya:

Mengganti deodorant/antiperspirant.

Beberapa orang beralih ke alternatif yang lebih alami seperti baking soda atau cuka apel. Ada pula yang berhenti menggunakan deodoran sama sekali.

Berhenti mencukur

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.