Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Deretan Warna Cat yang Akan Menjadi Tren di Tahun 2022

Kompas.com - 04/01/2022, 20:26 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apakah tahun ini kamu berencana untuk menyulap rumahmu dengan warna baru?

Jika iya, mungkin kamu bisa memilih warna cat yang menjadi tren di tahun ini agar tak terlihat kuno, yakni cat berwarna netral dengan alam sebagai inspirasinya, cat menyala dengan nuansa retro, atau putih yang timeless.

Ketiga rona warna ini dapat menciptakan nuansa hangat, dan menyambut siapa saja yang datang, berbeda dengan tahun 2021 yang berfokus pada kenyamanan.

"Tahun lalu, kita fokus pada kenyamanan dan fungsi rumah sebagai tempat perlindungan, karena rumah telah menjadi ruang aman dari dunia luar saat ini," kata Sue Wadden, direktur pemasaran warna di Sherwin-Williams.

"Inspirasi dari alam masih menjadi tren utama untuk tahun 2022, dan kini tren ini berevolusi pada keberlanjutan, kelahiran kembali, dan pertumbuhan,” tambahnya.

Baca juga: 6 Tips Memilih Warna Cat Tembok untuk Rumah

Warna alam

Banyak ahli sepakat bahwa warna yang memiliki tema alam atau dunia luar, seperti lush green atau tan yang terinspirasi dari padang pasir akan menjadi tren warna cat tahun ini.

"Selama beberapa tahun terakhir, kami melihat warna netral populer. Ini akan mencapai puncaknya pada tahun 2022 dengan warna seperti kelabu tua, krem, coklat biskuit, dan coklat jamur, begitu pula dengan warna yang terinspirasi dari alam, terutama hijau," kata Wadden.

Pakar cat dan warna Annie Sloan juga mengatakan hal senada. Menurutnya, warna hijau olive, sandy neutral, dan rona clay-toned terra-cotta akan menjadi tren warna 2022.

"Palet gurun ini selalu terlihat mewah dan nyaman, baik di dinding atau tekstil atau bahkan sebagai riasan mata!” tambahnya.

Sementara itu, Patricia Greco dari perusahaan teknologi warna Datacolor memprediksi adanya peningkatan kepopuleran pada varian warna coklat, mulai dari coklat gelap seperti kayu, hingga coklat muda layaknya pasir pantai.

Menurutnya, rona warna coklat tetap netral, namun menawarkan nuansa dinamis dan moody.

"Coklat juga merupakan warna dasar yang sangat disukai selama beberapa tahun terakhir. Warna seperti cocoa, sand, dan warna cokelat memiliki sentuhan organik yang sama dengan warna yang sedang tren, seperti rust dan terakota, namun lebih timeless," tambahnya.

Baca juga: 4 Rekomendasi Warna Cat Kamar agar Tidur Lebih Rileks

Terang dan berani

Kontras dengan warna netral yang membumi dan hijau yang menenangkan, warna terang dari abad pertengahan diprediksi juga akan kembali menjadi tren.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com