Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2022, 10:56 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber t3

KOMPAS.com - Pabrikan sepeda handmade tiga lipatan asal Inggris, Brompton baru saja mengumumkan inovasi terbaru yang membuat bobot sepeda lipatnya turun menjadi cuma 7,45 kilogram.

Inovasi terbaru ini dihadirkan Brompton setelah tiga tahun penelitian dan pengembangan demi menciptakan tipe T Line -demikian namanya-,  yang sangat ringan berkat material titanium.

Sebelumnya edisi titanium Brompton hanya menyematkan material tersebut pada bagian triangle, dan fork, serta -sempat di masa lalu- pada seatpost, sementara rangka utama tetap menggunakan besi.

Pada kreasi terbaru ini, rangka utama pun menggunakan material titanium, sementara, fork, seatpost, dan handlebar memakai material karbon.

Sebagai gambaran, berat Brompton konvensional berbahan besi berada di antara rentang 11-12 kilogram.

Nah dengan versi terbaru ini, para penggemar Brompton, terutama kaum urban, yang menginginkan sepeda lipat yang ringan, ringkas, dan efisien tentu akan sangat bergembira.

Bayangkan saja, dengan berat 7,45 kilogram sepeda lipat ini menjadi semakin nyaman untuk dijinjing dengan satu tangan saat harus berganti moda transportasi -misalnya. 

Baca juga: Lebih Ringan 1,5 Kg dari Baja Sejenis, Ini Wujud Sepeda Baru Brompton

Rangka titanium T Line yang sepenuhnya direkayasa ulang sehingga berbobot 37 persen lebih ringan dari baja asli dan sama kuatnya.

Dengan berat total 7,45 kilogram ini, T Line disebut sebanding dengan roadbike berbahan karbon, namun, orang dengan bobot hingga 110 kilogram, masih bisa mengendarainya.

Brompton menghilangkan dan mendesain ulang hampir setiap elemen sepeda lipat ini, kecuali desain berengsel tengahnya yang membuat sepeda ini menjadi tiga lipatan, khas Brompton.

Brompton juga menemukan mekanisme lipat yang sempurna dari prototipe awal sepeda pertamanya.

Walau sebelumnya tipe P Line disebut-sebut sebagai sepeda lipat Brompton teringan, kehadiran T Line teranyar ini jelas berbeda.

P Line yang sebelumnya menggunakan material standar dengan beberapa titanium dan elemen desain baru.

Sementara, tipe T Line berhasil menemukan inovasi paling mendasar.

Dari hasil tiga tahun penelitian dan pengembangan, Brompton memerlukan teknik konstruksi baru dan lebih dari 150 komponen desain titanium.

Halaman:
Baca tentang
Sumber t3
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com