Kompas.com - 22/11/2021, 10:21 WIB
Brompton P Line. BromptonbicycleBrompton P Line.

KOMPAS.com - Bagi para pecinta sepeda lipat, merek Brompton tentu sudah tak asing lagi. Salah satu kelebihan merek sepeda asal Inggris ini adalah penggunaan material dan tingkat keakuratan saat sepeda dilipat.

Kini untuk semakin menyempurnakan kepraktisan sepeda lipatnya, Brompton mengeluarkan varian teranyar yang beratnya lebih ringan 1,5 kg dari baja sejenis.

Sepeda lipat baru ini merupakan pengembangan dari rencana Brompton yang ingin mengurangi berat sepeda lipatnya sejak tahun 2005 ketika meluncurkan model Superlight.

Tujuh belas tahun berlalu, transformasi dari rencana itu kemudian diwujudkan dalam 

"Brompton P Line yang baru adalah lompatan maju dari Superlight, lebih cepat dikendarai, lebih ringan untuk dibawa, dan lebih mudah untuk bergerak di sekitar kota dalam segala hal,” kata Will Carleysmith selaku Chief Design & Engineering Officer Brompton.

Baca juga: Varian Sepeda Lipat Brompton Segera Berganti Nama, Ada Apa?

“Pengurangan berat yang signifikan dan peningkatan kinerja telah dicapai melalui rangka belakang yang sepenuhnya didesain ulang dan komponen ringan termasuk gearset 4-percepatan yang ringkas," tambahnya.

Keunggulan

Rangka yang didesain ulang untuk P Line ini tetap mempertahankan karakteristik Brompton sebagai model sepeda lipat terbaik.

Sepeda ini memiliki bagian belakang dan garpu titanium serta blok suspensi baru. Hal ini mampu menciptakan frameset yang tidak hanya 700 gram lebih ringan dari baja yang sejenis, tetapi lebih baik dalam meredam guncangan di permukaan jalan apa pun.

Pihak Brompton mengatakan bahwa perpaduan suspensi yang didesain ulang dan material titanium memaksimalkan efisiensi dan responsivitas dengan menggeser daya pedal untuk meningkatkan kontrol dan pengendalian.

Baca juga: Cantiknya Dian Sastro Bersepeda dengan Brompton Titanium

Seperti yang dikatakan Carleysmith, untuk mengurangi berat dari sepeda lipatnya, Brompton tidak hanya memerhatikan bagian rangka tetapi juga komponen P Line.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.