Kompas.com - 17/02/2022, 12:25 WIB

KOMPAS.com - Kayu manis seringkali dianggap sebagai rempah-rempah untuk penambah aroma dan rasa pada masakan saja.

Padahal, kayu manis yang terbuat dari kulit bagian dalam pohon yang secara ilmiah dikenal sebagai Cinnamomum ini juga baik untuk kesehatan.

Agar kandungan gizi yang terkandung dalam kayu manis bisa diasup, kita bisa menyajikannya dalam secangkir teh yang lezat dan mudah dibuat, seperti saran ahli gizi klinis, Tara Coleman, CN.

Kayu manis dapat direbus sebanyak 1 batang dengan takaran 1 gelas air selama 15 menit. Setelahnya, kita bisa menyaring hasil sebelum dinikmati.

Baca juga: Menurunkan Berat Badan dengan Minuman Kayu Manis

"Tambahkan sepotong lemon dan sedikit madu jika Anda ingin minuman yang lebih manis," kata Coleman.

Manfaat kayu manis

Dengan rutin mengonsumsi teh kayu manis, kita dapat merasakan berbagai manfaatnya bagi tubuh. Untuk lebih jelasnya simak yang berikut ini.

1. Mengandung antioksidan

Konselor dan konsultan nutrisi LeeAnn Smith Weintraub, MPH, RD menjelaskan bahwa kayu manis kaya kandungan antioksidan dan polifenol.

Polifenol adalah mikronutrien yang ditemukan pada tanaman yang dikemas dengan sifat antioksidan.

Polifenol dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, melawan peradangan, dan mencegah penyakit.

2. Mengurangi peradangan

Kayu manis adalah agen anti-inflamasi yang kuat. Dari sebuah catatan penelitian, dari 115 makanan yang diuji, kayu manis merupakan salah satu makanan anti-inflamasi yang paling ampuh.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber realsimple
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.