Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Jaga Kesehatan Mental lewat Webinar "Anyaman Jiwa: Social Media Detox"

Kompas.com - 09/04/2022, 08:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Riski Monika dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Sejak pandemi Covid-19 diumumkan dan diberlakukannya pembatasan fisik, jaringan informasi komunikasi via daring tak dapat dilepaskan. Salah satunya meningkatnya penggunaan media sosial.

Banyak orang sibuk berkutat dengan media sosial dari pagi hingga malam. Bahkan kini, media sosial masuk dalam daftar lingkungan yang menjadi salah satu faktor pembentuk perilaku manusia.

Media sosial menjadi dominan karena makin sering dilihat hingga menjadi referensi bagi tiap orang.

Seiring berjalannya waktu, sifat manusia dapat berubah karena bersifat dinamis. Identitas diri yang stabil dapat ditemukan jika seseorang sudah mencapai titik kedewasaan.

Sosok yang kerap dijadikan referensi dari media sosial, berpengaruh pada pola perilaku yang terbentuk pada pribadi seseorang.

Dalam webinar Anyaman Jiwa, Social Media Detox: Jaga Kesehatan Mental dari Dunia Maya bersama dra. Astrid seorang psikolog klinis dan dr. Dharmawan, seorang psikiater, mengajak kita untuk tahu kiat menjaga kesehatan mental di tengah masifnya penggunaan sosial media sehari-hari.

Celebrity Worship Syndrome (CWS)

Pernah bertemu dengan orang yang sangat mengidolakan sosok selebritis sampai tahu berita tentangnya sampai ke akar?

Patut diwaspadai karena bisa saja terkena sindrom ini. Para ahli sepakat bahwa CWS bukan isu kesehatan mental, tetapi salah satu indikator dari orang yang mempunyai kesehatan mental adalah perilaku CWS yang berlebihan.

Dikategorikan berlebihan jika hal ini membuat si penderita sampai kehilangan jati diri. Terlalu menomorsatukan idola hingga menganggap apa pun yang dilakukan idolanya adalah benar, dan sah-sah saja jika diikuti.

Baca juga: Kenapa Detoks Digital itu Penting?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.