Kompas.com - 06/05/2022, 21:30 WIB

KOMPAS.com - Sebagian perempuan giat menjalani diet untuk mendapatkan tubuh yang ramping dan proporsional.

Tak jarang ada yang berjuang keras dalam menurunkan berat badan dengan berbagai diet yang hasilnya kerap dianggap instan.

Tapi ada satu hal yang perlu diingat, secara biologis tubuh wanita dan pria itu berbeda.

Sehingga, setiap diet yang bertujuan untuk menurunkan berat badan akan bekerja secara berbeda di tubuh wanita.

Misanya pada tubuh pria, rata-rata memiliki 3 persen lemak esensial sebagai bagian dari komposisi tubuh mereka, sedangkan perempuan terdapat sekitar 12 persen.

Lemak esensial ini adalah massa tubuh total yang memainkan peran penting dalam melindungi organ tubuh dan menyimpan vitamin yang diperlukan untuk komunikasi antar sel tubuh.

Baca juga: Diet Intermiten Kurang Efektif Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Namun, untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, wanita cenderung mengikuti rencana diet ketat dengan membakar lemak esensial dalam tubuh mereka.

Akibatnya, fungsi tubuh dapat terganggu dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal itu juga memengaruhi tingkat kekebalan dan sistem saraf secara menyeluruh.

Dr Kiran Rukadikar, seorang dokter spesialis yang berfokus pada masalah obesitas dan penurunan berat badan di India mengatakan, ada beberapa jenis diet yang tidak cocok bagi wanita.

Pasalnya, ada lemak esensial yang perlu dipertahankan secara keseluruhan agar tidak mengganggu kinerja fungsi tubuh dengan membakar lemak esensial tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber news18
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.