Kompas.com - 12/04/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Pola makan berbasis nabati atau diet plant-based mulai digemari banyak orang seiring populernya gaya hidup sehat.

Mereka yang menjalani pola makan tersebut yakin bahwa diet plant-based dapat menyehatkan tubuh, mengurangi risiko terkena diabetes, hingga mampu menurunkan berat badan.

Meski begitu, beberapa orang yang ingin mencoba diet plant-based khawatir jika pola makan barunya menguras isi dompet. Sehingga mereka enggan dan ragu untuk memulainya.

Diet plant-based ternyata lebih ekonomis

Diet plant-based tidak selalu mengonsumsi sayur atau buah berkualitas yang dijual mahal di supermarket atau produk khusus vegetarian.

Baca juga: Apa Itu Diet Plant-Based dan Mengapa Penting bagi Tubuh?

Diet itu masih bisa disesuaikan dengan kantong kita agar pengeluaran tidak boros dan masih bisa berhemat.

Kalau kamu masih belum percaya, ada temuan yang menyebut pola makan vegan 1/3 lebih terjangkau daripada pola makan standar di negara-negara berpenghasilan tinggi

Fakta tersebut terungkap dalam sebuah penelitian dari Universitas Oxford yang diterbitkan di The Lancet Planetary Health.

Penelitian juga menunjukkan pola makan vegetarian juga lebih ekonomis dengan penghematan biaya mulai dari 17-34 persen.

Dan, diet flexitarian yang condong ke arah sayuran tetapi memungkinkan konsumsi beberapa daging dan produk hewani lainnya dapat menghemat hingga 14 persen.

Hasil itu didapat setelah peneliti menggunakan harga pangan dari program perbandingan internasional Bank Dunia untuk menganalisis tujuh pola makan berkelanjutan.

Halaman:
Sumber Yahoo


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.