Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

6 Manfaat Menolong Orang Lain

Kompas.com - 09/05/2022, 18:26 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial yang tak bisa berdiri sendiri. Oleh karena itu, mereka selalu membutuhkan orang lain. Dari situ, salah satunya muncul sikap saling tolong-menolong.

Menurut riset, membantu orang lain dapat memberikan beragam manfaat. Misalnya, membuat diri lebih bahagia, sehat, sejahtera, produktif, hingga bermakna. Bahkan, saat menolong orang lain, stimulasi pada otak serupa ketika kita makan.

Manfaat lainnya juga dirasakan oleh tokoh Lawuo dalam siniar Dongeng Pilihan Orangtua bertajuk "Dongeng Lawuo Si Awan Kecil Pemberani". Meskipun bertubuh kecil, tapi ia merasa dihargai karena telah membantu orang-orang yang rumahnya kebanjiran akibat ulah para awan besar.

Lantas, apa saja manfaat lain yang bisa kita rasakan saat menolong orang lain?

1. Membuat Hidup Lebih Baik

Ketika berhasil menolong orang lain, kita akan merasakan makna mendalam dari aksi yang dilakukan. Selain itu, kita jadi sadar bahwa tak semua orang bernasib sama.

Baca juga: Jangan Cuma Dimarahi, Anak Juga Butuh Problem Solving

Membantu dapat mengubah pandangan, kalau ternyata masih ada orang lain yang membutuhkan kita. Hal ini bisa meningkatkan semangat dan gairah hidup agar bisa membantu lebih banyak orang dengan kemampuan yang dimiliki.

Selain itu, saat melihat orang-orang yang dibantu bahagia, kita juga akan merasa demikian.

2. Membentuk Rasa Kemanusiaan

Manfaat lain yang bisa dirasakan adalah kita bisa membentuk rasa simpati dan empati. Rasa kemanusiaan ini diperlukan agar kita lebih peduli pada lingkungan sekitar.

Alih-alih langsung menilai masalah orang lain, kita pun bisa menjadi pribadi yang mendengarkan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.