Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/05/2022, 19:33 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pesona cowok Korea lagi dibanyak diperbincangkan publik setelah Maudy Ayunda menikah dengan Jesse Choi, pria asal Korea Selatan.

Baru-baru ini, Luna Maya juga secara terang-terangan mengungkap kalau dirinya lagi naksir musisi asal Korea Selatan. Bahkan dirinya sudah sampai di tahap mendekati cowok Korea lewat direct message di Instagram.

Belum lagi soal fans NCT Dream yang kebanyakan membernya adalah perempuan muda. Mereka seolah terlihat mengagumi dan mendewakan idol K-Pop tersebut.

Melihat hal ini, kenapa tak sedikit cewek zaman sekarang suka dengan cowok Korea?

Baca juga: 10 Rekomendasi Drama Korea yang Cocok Ditonton Saat Sedang Bad Mood

Melansir The Conversation, Jumat (27/5/2022), fenomena ini tak lepas dari kepopuleran drama Korea di industri hiburan.

Drama Korea atau biasa disebut dengan K-drama yang kita saksikan di layar kaca seolah memberikan respons mendalam bagi para penontonnya.

Terlepas dari genrenya, sebagian besar K-drama berusaha untuk mendapatkan tanggapan mendalam dari penonton yang memainkan emosi seperti rona bahagia, kesedihan, sampai kemarahan.

Serial ini biasanya menampilkan aktor yang menawan dan terawat yang berhubungan dengan emosi mereka.

Joanna Elfving-Hwang, seorang sarjana lulusan University of California, Los Angeles, meneliti seputar politik rasial, gender dan seksual soal popularitas K-drama secara general.

Dalam disertasinya, dia mewawancarai sejumlah perempuan dari berbagai belahan dunia yang suka dengan K-drama, sampai pergi ke Korea Selatan untuk merasakan vibes dan budaya Korea secara langsung.

Joanna pun sampai rela menginap di penginapan dekat Seoul, yang jaraknya tidak jauh dari lokasi syuting salah satu K-drama dan menjadi tujuan wisata populer.

Berdasarkan risetnya itu, dia melihat cewek zaman sekarang ke Korea justru bukan tertarik karena pemandangan indah dan daya tarik wisata. Tapi lebih tertarik dengan pria di Korea.

Baca juga: 7 Fakta Pernikahan Maudy Ayunda, Perpaduan Budaya Korea dan Jawa

Pesona para aktor di K-drama

Ahn Bo Hyun dan Jo Bo Ah dalam Military Prosecutor Doberman (2022)tvN drama Ahn Bo Hyun dan Jo Bo Ah dalam Military Prosecutor Doberman (2022)

Sejumlah K-drama yang sukses menarik banyak penggemar di luar Korea Selatan adalah “Jewel in the Palace,” “Guardian: Lonely and Great God” dan “My Love from the Star,” yang ditayangkan pada awal abad ke-21.

Orang-orang di seluruh dunia menontonnya di situs streaming legal yang menawarkan subtitle, serta di situs streaming ilegal yang dioperasikan oleh penggemar dan bisa diakses secara gratis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com