Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Tempur F-18 "Top Gun: Maverick" Disewa Ribuan Dollar AS Per Jam

Kompas.com - 30/05/2022, 08:56 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - Top Gun: Maverick menghadirkan berbagai adegan jet tempur yang amat realistis sekaligus fantastis.

Bukannya memanfaatkan teknologi green screen yang sekarang banyak dipakai sineas, tim produksi bertahan dengan gaya lawas yang menggunakan properti asli.

Demi hal ini, produser sekuel Top Gun yang dirilis tahun 1986 itu harus merogoh kocek dalam-dalam demi properti canggih tersebut.

Dikutip dari Bloomberg, pesawat jet F-18 yang hadir di Top Gun: Maverick disewa langsung dari Angkatan Laut Amerika Serikat dengan harga 11.375 dollar AS per jam, atau sekitar Rp 165 juta.

Harganya yang terbilang selangit ini kemudian dikalkulasikan dengan durasi pemakaian para aktor demi mendapatkan adegan terbaik.

Wajar saja jika biaya produksi film yang sempat tertunda penayangannya ini mencapai 171 miliar dollar AS.

Baca juga: Anggun C Sasmi Bergaun Glamor Saat Premiere Top Gun di Festival Cannes

Bukan hanya mahal, penyewaan ini juga disertai sederet aturan ketat lainnya, salah satunya, si aktor utama, Tom Cruise, dilarang menyentuh panel kontrol pesawat tersebut sama sekali.

Meskipun bintang Mission Impossible itu terkenal selalu melakukan aksinya sendiri tanpa stuntman dan mengantongi izin terbang, kali ini ia hanya diizinkan menjadi penumpang yang duduk di pesawat canggih tersebut saat berakting.

"Peraturan Pentagon melarang personel non-militer mengendalikan aset Departemen Pertahanan selain senjata ringan dalam skenario pelatihan," kata Glen Roberts, Kepala Kantor Media Hiburan Pentagon.

Untuk bisa "menumpang" pesawat F18 ini, para aktor juga diharuskan menyelesaikan pelatihan khusus tentang cara mengeluarkan diri dari pesawat dalam keadaan darurat dan cara bertahan hidup di laut.

Diketahui, para bintang utama Top Gun: Maverick menjalani pelatihan khusus yang dirancang Tom Cruise dan Boeing untuk benar-benar memahami sensasi menjadi pilot pesawat tempur, termasuk merasakan tekanan gravitasi tingkat tinggi.

Pada tahun 2018, syuting Top Gun: Maverick dilaksanakan di atas kapal USS Abraham Lincoln.

Tim produksi juga sempat mengambil gambar di lokasi pelatihan pilot militer di Naval Air Station Lemoore di California Tengah.

Baca juga: 4 Rahasia Awet Muda Tom Cruise, Bisa Dicontoh

Roberts mengatakan, kerja sama bisnis berupa penyewaan pesawat, kapal induk, dan pangkalan militer sebagai properti syuting tersebut dibenarkan dalam aturan Pentagon.

Tim produksi film yang berkaitan hanya perlu memiliki dana yang dibutuhkan dan menyerahkan naskah film untuk tinjauan tim militer.

"Sebuah film 'tidak harus menjadi surat cinta untuk militer' untuk mendapatkan persetujuan kerja sama Pentagon," katanya.

Meski demikian, karakter Maverick yang diperankan Tom Cruise dinilainya sebagai orang yang tidak akan pernah ada dalam tim penerbang angkatan laut.

"Sebaliknya, mereka kutu buku udara rajin yang bekerja keras selama berjam-jam di kelas dan berpartisipasi dalam pelatihan penerbangan intensif di Naval Air Station Fallon di Nevada," jelasnya.

Baca juga: 3 Kejutan untuk Tom Cruise dan Top Gun: Maverick di Festival Film Cannes 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com