Kompas.com - 31/05/2022, 12:42 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Garam biasa digunakan sebagai penyedap masakan. Komposisinya terdiri dari 60 persen klorida dan 40 persen natrium.

Garam yang kita konsumsinya membantu mengendurkan dan mengontraksikan otot, membantu impuls saraf, dan menyeimbangkan mineral serta cairan di dalam tubuh.

Tentu, manfaat konsumsi garam dapat kita rasakan ketika dikonsumsi dengan takaran yang tepat. Tapi masalahnya, hal ini menjadi kebiasaan sulit yang kita terapkan. Sebab, hampir semua makanan olahan mengandung garam.

Seperti dilansir WebMD, Selasa (31/5/2022), kelebihan konsumsi garam dapat mengganggu kesehatan tubuh. Seperti tekanan darah tinggi, obesitas, tubuh membengkak, rasa haus yang intens, meningkatkan risiko kanker perut dan penyakit jantung.

Mengingat risiko kesehatan jika berlebihan mengonsumsinya. Penting bagi kita untuk memerhatikan asupan nutrisi sehat dengan bijak membatasi konsumsi garam.

Baca juga: Berapa Batas Konsumsi Garam Harian Per Orang?

Batasi konsumsi garam dan mengganti dengan MSG

Berdasarkan data dari Kemenkes.go.id, 22 persen masyarakat Indonesia mengalami obesitas.

Selain asupan gula dan lemak, membatasi asupan garam juga dapat berkontribusi dalam meminimalisir risiko tersebut.

Produsen penyedap masakan, PT Ajinomoto Indonesia menginisiasi kampanye bijak garam yang menjadi langkah untuk mengurangi asupan garam dalam kehidupan sehari-hari.

Caranya adalah dengan mengurangi takaran garam saat mengolah makanan, kemudian menambahkan monosodium glutamat (MSG) tanpa membuat rasa masakan menjadi hambar.

"Apa yang terjadi kalau kita mengurangi garam ke dalam makanan? Ya, makanan akan terasa hambar."

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.