Kompas.com - 01/06/2022, 10:41 WIB

KOMPAS.com - Memertahankan sirkulasi darah mungkin kerap bukan menjadi prioritas utama kita. Atau, setidaknya kurang menjadi perhatian.

Namun, faktanya, menjaga sirkulasi darah tetap baik adalah salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan.

"Sirkulasi melibatkan pengiriman darah, oksigen, dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh, membuang produk limbah, mengatur suhu tubuh, serta menyediakan gerakan otot maupun perbaikan jaringan."

Demikian penuturan ahli diet dan pendiri TheConsumerMag, Janet Coleman, RD.

"Ketika aliran darah dibatasi atau tersumbat di bagian tubuh mana pun, hal ini dapat menyebabkan masalah di area lain."

Baca juga: 4 Manfaat Air Kelapa, dari Obat Kecantikan hingga Lancarkan Sirkulasi Darah

"Misalnya, sirkulasi yang buruk di kaki dapat menyebabkan varises dan bisul di kaki. Sirkulasi yang buruk di lengan dapat menyulitkan penggunaan tangan. Sirkulasi yang buruk di otak dapat menyebabkan stroke," kata dia.

Mengubah pola makan

Kabar baiknya, kita tetap memiliki kendali lebih besar atas sirkulasi darah daripada yang mungkin kita sadari.

"Pola makan kita memainkan peran utama dalam menjaga aliran darah agar tetap lancar karena menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga jantung berdetak pada tingkat yang optimal dan arteri kita tetap bersih," tambah Coleman.

Menurut seorang ahli kebugaran di JustCBD, Nataly Komova, RD, mengonsumsi banyak makanan yang tinggi sodium, lemak jenuh, dan gula tambahan dapat menyebabkan penumpukan plak atau penyempitan pembuluh darah karena peningkatan kadar kolesterol.

Jadi, sebagai aturan umum, kita lebih baik memilih makanan utuh daripada makanan olahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Eat This


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.