Kompas.com - 17/06/2022, 10:14 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Insomnia atau sulit tidur merupakan salah satu konsisi yang bisa terjadi pada banyak orang.

Sayangnya, insomnia hanya akan memberi kita hal-hal negatif dan membahayakan kesehatan, mulai dari menyebabkan kelelahan, hingga mengganggu daya pengambilan keputusan dan terlambat dalam berpikir.

Bahkan, insomnia juga bisa membuat orang mudah marah dan impulsif, yang bisa memicu gejala Attention Deficit Disorder (ADD) alias sulit memusatkan perhatian.

Tak jarang, kurang tidur ini ditimbulkan karena berbagai hal tak menyenangkan, seperti rasa cemas, trauma, pemutusan hubungan kerja, hingga rasa ingin bunuh diri.

Sementara itu, Associate Professor dari Philadelphia College of Osteopathic Medicine Brad Rosenfield, Psy.D., M.S. mengungkapkan ada korelasi antara insomnia dengan kondisi psikologis, termasuk kecemasan, depresi, penyalahgunaan zat, dan gangguan bipolar.

Tidak hanya itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan perubahan perasaan yang pada gilirannya dapat menciptakan kecemasan dalam suatu hubungan dan bahkan perceraian.

Baca juga: 5 Tips untuk Atasi Masalah Insomnia

Dokter Rosenfield juga mengatakan bahwa saat ini sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa insomnia yang terjadi terus menerus dalam dapat meningkatkan risiko stroke, penyakit kardiovaskular, hipertensi, diabetes, demensia, kolesterol tinggi, dan kematian dini.

"Tidur memungkinkan tubuh untuk mengaktifkan sistem peremajaan yang sangat kompleks, sehingga tidur yang cukup diperlukan demi menjaga kesehatan semua organ kita, termasuk otak, jantung, pankreas, dan sistem hormonal,” ujar Rosenfield.

Nah jika ingin menangani masalah insomnia ini dan tidur lebih nyenyak, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan.

Pahami bahwa tidur penting dan baik

Sangat penting untuk memanjakan diri sendiri dan melakukan apa yang perlu kita lakukan untuk mendapatkan tidur yang cukup karena tubuh memiliki sistem keseimbangan yang rumit atau homeostasis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.