Kompas.com - 20/06/2022, 18:08 WIB

KOMPAS.com - Sebuah kamera lawas bikinan Leica baru-baru ini mencatatkan rekor sebagai kamera termahal di dunia.

Adalah Leica 0-series no. 105, kamera berusia hampir satu abad yang terjual seharga Rp 222 miliar dalam pelelangan di Leitz Photographica ke-40.

Kamera Leica sejak lama memang dikenal punya harga yang selangit lantaran diproduksi dari bahan berkualitas dan dibuat dengan tangan di Jerman.

Di sisi lain, kamera bikinan Leica juga diproduksi dalam jumlah yang sedikit dan menampilkan nuansa seni kelas atas yang membuat harganya mahal.

Baca juga: Kamera Leica M-A Titanium Cuma 250 Buah, Dijual Rp 293 Juta, Mau?

Namun, Leica 0-series no. 105 sedikit berbeda. Karena, kamera ini merupakan prototipe awal kamera 35 milimeter pertama di dunia.

Leica 0-series no. 105 sebelum laku dalam pelelangan dimiliki oleh insinyur di perusahaan Leitz -sekarang Leica- bernama Oskar Barnack.

Kamera tersebut ia ciptakan pada tahun 1923 usai Perang Dunia (PD) I meletus dan nama sang insinyur terukir di bagian atas Leica series 0 no. 105.

Berawal dari situ, Leica 0-series no. 105 memengaruhi pengembangan kamera 35 milimeter di masa depan.

Dikutip dari situs Leitz Photographica, kamera satu ini awalnya diproduksi sebanyak 22 buah pada tahun 1923 sebelum dikomersialkan.

Sayangnya hanya 12 buah Leica 0-series no. 105 yang diketahui masih bertahan hingga hari ini. Dan, milik Oskar Barnacklah yang bisa disebut kamera bersejarah.

Baca juga: Gandeng Desainer Hiroshi Fujiwara, Leica Manjakan Pencinta Fotografi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.