BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Miss Mondial

Stylish dan Elegan, 3 Fashion Item Era Victoria Berikut Tak Lekang Dimakan Zaman

Kompas.com - 22/06/2022, 15:07 WIB

KOMPAS.com – Setiap zaman atau era memiliki tren fesyen yang berbeda. Hal ini juga terjadi pada era Victoria dalam sejarah Kerajaan Inggris.

Adapun era tersebut berlangsung pada masa pemerintahan Ratu Victoria, yakni sejak 20 Juni 1837 hingga kematiannya pada 22 Januari 1901.

Pada periode itu, Kerajaan Inggris mendapat pengakuan tinggi di kancah internasional. Warga Britania pun hidup damai dengan kejayaan dan kemakmuran. Tak heran, gaya berpakaian kaum bangsawan era Victoria tampak stylish, eksklusif, dan elegan.

Bahkan, mereka kerap menggunakan perhiasan berlian mewah untuk memperindah gaya berpakaian. Selain sebagai simbol kejayaan dan kemakmuran, high quality jewellery tersebut juga menunjukkan bahwa warga Britania di era Victoria memiliki selera fesyen tinggi dalam berpakaian.

Meski sudah berlalu lebih dari 100 tahun, gaya berpakaian kaum hawa pada era Victoria masih menjadi favorit hingga kini.

Demi melengkapi tampilan dan gaya berpakaian dengan berbagai perhiasan berlian istimewa, seperti cincin berlian wanita, mereka juga menggunakan sejumlah fashion item lain. Berikut ulasannya.

1. Korset

Korset atau pembebat perut merupakan fashion item yang wajib dikenakan oleh wanita pada era Victoria.

Dengan bentuk seperti kemban yang diberi kancing, korset berfungsi untuk membuat perut tampak lebih kecil. Pada masa itu, perut kecil menjadi standar kecantikan kaum hawa.

Meski sempat redup, korset kembali menjadi tren mode. Pada London Fashion Week 2017, misalnya, beberapa label busana mengenalkan korset dengan sentuhan berbeda.

Semula, korset digunakan melingkar atau menutupi bagian perut. Kini, fashion item ini juga dirancang untuk menutupi tubuh hingga bagian payudara. Gaya pemakaian korset juga tidak lagi tersembunyi di balik busana, tetapi dikreasikan di bagian luar busana.

(Baca juga: Kombinasi Perhiasan Berlian dan 3 Warna Pakaian Ini Bikin Penampilan Lebih Spesial Saat Natal)

Korset juga menghiasi timeline mode 2022. Fashion item ini dinilai bisa memaksimalkan karakter perempuan. Bahkan, korset disebut cocok dikenakan dengan style apa pun, khususnya edgy.

Korset mulai dipopulerkan lewat sejumlah koleksi desainer kenamaan dunia, seperti Balmain, Acne Studios, dan Givenchy.

2. Top hat

Top hat memiliki bentuk lebar pada bagian tepi dengan mahkota tinggi untuk pria. Meski tidak sepopuler korset, top hat masih menjadi fashion statement yang mencuri perhatian para pencinta fesyen.

Menurut pegiat fesyen asal Inggris, Kristian Ferner Robson, top hat dapat memaksimalkan tampilan jika ukurannya sesuai dengan bentuk kepala pengguna.

Sebagai contoh, jika ukuran kepala cenderung kecil, Anda sebaiknya memilih top hat dengan mahkota yang tidak terlalu tinggi agar tetap proporsional.

3. Kipas tangan

Selain memberi kesejukan saat digunakan, kipas tangan atau folding fan juga bisa menjadi pemanis tampilan yang menghadirkan kesan stylish dan elegan.

Pada era Victoria, kipas tangan yang terbuat dari sutra, renda, bulu, atau kayu merupakan fashion item yang menunjukkan strata sosial seseorang. Umumnya, kipas tangan digunakan oleh wanita bangsawan.

Tak hanya itu, kipas tangan juga menunjukkan kepercayaan diri, kemewahan, kecantikan, dan kegembiraan kaum hawa pada masa itu.

(Baca juga: Ini Rekomendasi 4 Perhiasan Emas dan Perhiasan Berlian untuk Tampil Stunning di Setiap Kesempatan)

Makna yang dihadirkan fashion item tersebut kemudian menginspirasi Mondial untuk meluncurkan perhiasan berlian wanita Gala Collection.

Lewat Gala Collection, #Mondial menghadirkan 12 produk perhiasan berlian mewah berupa liontin, anting-anting, kalung, gelang, dan cincin berlian wanita.

Cincin berlian Gala Collection dari Mondial. Mondial Cincin berlian Gala Collection dari Mondial.

Seperti halnya kipas tangan pada era Victoria, exclusive diamond jewellery #GalaCollection dapat menjadi representasi kecantikan, kegembiraan, kepercayaan diri, kemewahan, dan status sosial pemakainya.

Untuk menunjukkan kesan stylish dan elegan, high quality jewellery Gala Collection menggunakan fancy shape diamond yang terdiri dari pear, marquise, dan baguette shape.

Adapun rare diamond jewellery Gala Collection terbuat dari emas 18 karat dengan finishing warna white gold, rose gold, serta kombinasi antara white gold dan rose gold.

Kemewahan Gala Collection terlihat dari salah satu koleksinya, yakni unique diamond ring. Cincin berlian wanita ini tak hanya cocok dijadikan fashion statement dan investasi penampilan (beauty investment).

Lebih dari itu, perhiasan berlian istimewa Gala Collection juga bisa dijadikan inspirasi hadiah unik, termasuk hadiah seserahan dan hadiah anniversary. Pasalnya, seri ini merupakan salah satu koleksi Engagement Ring Collection Mondial.

Adapun seri tersebut menjadi bagian dari campaign #ISaidMondial yang mengajak pasangan untuk mengungkapkan perasaannya dengan cara yang spesial. Campaign ini ditujukan untuk pasangan yang akan melamar atau sekadar memberikan kado cinta pada yang terkasih.

Produk-produk Gala Collection dari Mondial bisa Anda dapatkan di sejumlah butik Mondial yang tersebar di Jakarta, Bandung, Medan, dan Surabaya.

Sementara itu, untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai koleksi Mondial, Anda bisa mengunjungi laman resmi Mondial dan akun Instagram @mondial.


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.