Kompas.com - 24/06/2022, 08:59 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Anak aktris Denada, Aisha Aurum telah menjalani kemoterapi terakhir untuk mengobati penyakit kanker darah atau leukemia yang dia derita.

Bocah berusia 9 tahun itu sudah menjalani pengobatan kemoterapi selama tiga tahun belakangan di Singapura.

Setelah lepas dari kemoterapi, kondisi kesehatan Aisha akan terus dipantau dokter untuk memastikan reaksi tubuhnya. Lantas, seperti apa metode kemoterapi ini dilakukan pada pasien kanker darah?

Baca juga: Berpisah 2 Bulan dengan Anak, Denada Pasang CCTV Khusus untuk Berkomunikasi 

Kemoterapi pada pasien kanker darah seperti putri Denada

Kemoterapi adalah metode pengobatan yang cukup efektif dalam memecah sel kanker di dalam tubuh melalui pemberian obat-obatan khusus kemo.

Cara kerja obat kemoterapi ini mirip sel kanker, nantinya obat yang diberikan pada pasien dapat membelah dengan cepat dan menargetkan sel kanker yang berkembang di dalam tubuh.

Melansir Cancer Center, pada pasien leukemia seringkali terdiri dari pemberian obat-obatan secara bersamaan dalam interval waktu yang rutin.

Obat-obatan tersebut biasanya diberikan secara oral dalam bentuk pil, atau intravena (langsung disuntikan ke pembuluh darah.

Dalam beberapa kasus, obat kemoterapi dapat diberikan secara intratekal atau langsung disuntikkan ke dalam cairan serebrospinal yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang.

Prosedur ini sengaja dirancang agar obat langsung menargetkan sel kanker yang sudah terlanjur menyebar di area tersebut.

Metode penyuntikkannya juga diinjeksi langsung melalui perangkat khusus yang ditempatkan di bawah kulit kepala.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.