Kompas.com - 29/06/2022, 10:48 WIB

KOMPAS.comBentuk wajah yang tirus dan berdagu lancip beberapa waktu terakhir menjadi dambaan banyak perempuan karena dianggap lebih menarik. Namun, kini bentuk wajah yang sering disebut V-shape itu mulai ditinggalkan.

Dijelaskan oleh ahli estetika, dr.Olivia Aldisa, wajah yang terlalu tirus dalam jangka panjang dapat menimbulkan bentuk wajah yang tidak proporsional.

“Dapat menimbulkan wajah yang tidak proporsional dengan ciri dagu yang menggantung dan lancip,” kata dokter yang akrab disapa Aldisa ini.

Dia menyebut, tren V-shape kini bergeser menjadi E-shape yang membuat bentuk wajah tirus menjadi lebih proporsional dan natural. 

“Standar kecantikan sudah makin beragam, tidak mengikuti standar dari satu etnis saja, karena pada dasarnya setiap etnis memiliki keunikan dan karakter masing-masing untuk ditonjolkan,” paparnya.

Baca juga: Ingin Filler Pipi Biar Tirus? Ketahui Dulu 4 Hal Ini

Selain berfokus pada wajah, Aldisa menekankan pentingnya untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar.

“Untuk tampil atraktif, perawatan wajah dari segi proporsi hingga kualitas kulit memang sangat penting dilakukan, namun kita juga perlu menjaga untuk menghilangkan lemak membandel,” katanya.

Inovasi dalam dunia kecantikan pun mengikuti tren tersebut, antara lain dengan perawatan body contouring untuk menghilangkan lemak dan mengencangkan kulit dan otot.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.