Kompas.com - 03/08/2022, 05:05 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kelahiran bayi kembar tampaknya menjadi satu hal yang diidam-idamkan sebagian orangtua.

Meski begitu, bayi kembar memiliki risiko tersendiri. Pada beberapa kasus, janin di dalam kandungan bisa tumbuh dan lahir secara fisik terhubung satu sama lain. Kondisi ini disebut sebagai kembar siam.

Melansir laman Mayoclinic, kembar siam berkembang ketika embrio awal terpisah sebagian untuk membentuk dua individu.

Dua janin tersebut akan berkembang, namun beberapa kelainan yang jarang terjadi bisa membuat keduanya menyatu secara fisik, paling sering di dada, perut atau panggul.

Beberapa kasus kembar siam juga ditandai dengan lebih dari satu bagian tubuh yang menyatu, seperti di organ bagian dalam hingga otak.

Seiring kemajuan teknologi dan dunia medis dalam pembedahan, bayi kembar siam memiliki tingkat kelangsungan hidup yang lebih tinggi.

Tetapi keberhasilan pasca-operasi bergantung pada kondisi kembar siam yang dialami, berapa banyak dan organ apa saya yang dapat dipisahkan serta pengalaman hingga jam terbang tim bedah.

Baca juga: Kisah Yuliana-Yuliani, Kembar Siam Dempet Kepala Operasi Tahun 1987

Gejala kembar siam dan penyebabnya

Kembar siam Brasil Bernardo (kiri) dan Arthur dengan orang tua mereka Adriely (kiri, belakang) dan Antonio Lima, di Brasil: si kembar lahir dengan satu otak yang sama telah dipisahkan dalam operasi kompleks yang disiapkan dokter dengan bantuan  realitas maya. AFP/Arthur PEREIRA Fitamarela Kembar siam Brasil Bernardo (kiri) dan Arthur dengan orang tua mereka Adriely (kiri, belakang) dan Antonio Lima, di Brasil: si kembar lahir dengan satu otak yang sama telah dipisahkan dalam operasi kompleks yang disiapkan dokter dengan bantuan realitas maya.

Tidak ada tanda atau gejala khusus yang dapat mengindikasikan kehamilan kembar siam.

Pada umumnya, ibu hamil dapat merasakan tanda kehamilan seperti anak kembar biasanya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.