Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Pentingnya Memiliki Sifat Asertif dalam Dunia Kerja

Kompas.com - 09/08/2022, 16:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Riski Monika dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com - Dalam melakukan pekerjaan, komunikasi dibutuhkan untuk menunjang hubungan yang baik antarrekan. Interaksi akan selalu terjadi dan berlangsung selama melakukan pekerjaan, misalnya ketika melakukan diskusi, setiap orang memiliki porsinya masing-masing untuk menyampaikan pendapat.

Penyampaian pendapat dimaksudkan untuk memberikan pernyataan jelas ataupun tegas terkait apa yang dipikirkan serta dirasakan seseorang.

Baca juga: Kerja Tak Sesuai Jurusan Kuliah, Harus Bagaimana?

Bentuk komunikasi seperti ini dapat disebut sebagai bentuk komunikasi asertif. Komunikasi asertif merupakan komunikasi sehat yang berada di antara komunikasi agresif dan komunikasi pasif.

Beberapa orang mungkin memiliki perasaan tidak percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya di lingkungan kerja. Karenanya, strategi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah komunikasi asertif.

Hal ini juga dijelaskan oleh Vicario Reinaldo, seorang personal development, dalam siniar OBSESIF bertajuk “Belajar Menjadi Lebih Asertif” yang mengulik lebih dalam terkait pentingnya komunikasi asertif di dunia kerja.

Mengapa asertif penting?

Asertif menunjukkan keikutsertaan seseorang dalam forum atau diskusi. Kontribusi dapat terlihat bilamana pendapat diungkapkan sesuai dengan kondisi secara tegas dan tepat. Selain itu, komunikasi asertif bisa memberikan umpan balik pada pekerjaan seseorang.

Kinerja tim akan terlihat . Rasa percaya diri juga meningkat seiring bertambahnya keberanian kita dalam berkontribusi.

Hal penting kedua adalah mengungkapkan secara jujur apa yang dialami. Misalnya, ketika terdapat ketidakcocokan posisi di pekerjaan.

Seseorang dapat mengomunikasikan perihal ini kepada atasan agarmendapat respons positif. Respons tersebut akan berlanjut ke tindakan yang sejalan dengan passion kita.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.