Kompas.com - 10/08/2022, 11:13 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Issey Miyake, desainer legendaris yang dikenal dengan desain siluet cutting-edge dan potongan bertumpuknya dilaporkan meninggal dunia di usianya yang ke-84 tahun pada Jumat (5/8/2022) lalu.

Menurut kantor berita Kyodo News, salah satu desainer Jepang pertama yang tampil di Paris ini meninggal setelah berjuang melawan kanker hati yang dideritanya. Pemakaman pun sudah dilaksanakan dan hanya dihadiri oleh orang terdekat.

Kontribusinya di dunia fashion membuat pria yang dilahirkan dengan nama asli Kazunaru Miyake ini sempat diangerahi berbagai penghargaan, seperti Japan's Order of Culture dan Legion of Honor oleh pemerintah Prancis pada 2016.

Miyake sendiri telah jatuh cinta pada dunia fashion sejak muda, yang dikabarkan karena dipengaruhi oleh majalah fashion milik kakak perempuannya.

Tak heran, setelah lulus dari Tama Art University, Miyake pun terbang ke Paris mengikuti desainer Jepang pertama yang menginjakkan kaki di Prancis, Kenzo Takeda.

Saat itu, Miyake bekerja sebagai asisten di sebuah rumah mode di Paris. Namun, dia memutuskan untuk kembali ke Jepang pada tahun 1970 dan membuat kantor desainnya sendiri, Miyake Design Studio.

Koleksi rancangannya memulai debutnya di New York pada 1971, sementara karier besarnya di Prancis diawali pada tahun 1973, di mana dirinya diundang untuk menampilkan koleksinya dalam sebuah fashion show ready-to-wear, membuatnya menjadi desainer Jepang pertama yang menampilkan koleksi rancangannya di Paris.

Lalu dua tahun kemudian, Miyake membuka butik di negara mode itu sambil terus memamerkan koleksi-koleksinya. Miyake pun akhirnya menjadi anggota resmi dari organisasi desainer prêt-à-porter (ready to wear/siap pakai) di Prancis.

Lalu pada tahun 1980-an, koleksi Body Series miliknya, yang merupakan pakaian yang terbuat dari bahan-bahan non-tradisional, tampil di sampul majalah Artforum dan diikuti dengan keikutsertaannya dalam fashion show lain yang menampilkan koleksi avant-garde miliknya yang ikonik.

Pada tahun 1993, Miyake merilis salah satu brand terpopulernya, Pleats Please, yang menampilkan koleksi pakaian dengan kain pleats.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.