Kompas.com - 13/08/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Temulawak atau yang biasa dikenal dengan nama ilmiah Curcuma zanthorrhiza merupakan spesies tanaman herba yang termasuk dalam keluarga jahe.

Tanaman ini berasal dari Indonesia, lebih khusus lagi dari Pulau Jawa, yang kemudian menyebar ke beberapa tempat di wilayah bio-geografis Malesia.

Saat ini, sebagian besar temulawak tidak hanya dibudidayakan di Indonesia, melainkan juga di Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Di luar Asia Tenggara, tanaman ini dapat ditemukan di China, Indocina, Barbados, India, Jepang, Korea, Amerika Serikat, dan beberapa negara di Eropa.

Baca juga: 8 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Sayang untuk Dilewatkan

Manfaatnya temulawak untuk kesehatan

Tanaman yang memiliki tinggi rata-rata 1-2 meter ini juga sering digunakan sebagai tanaman obat.

Secara tradisional, temulawak telah digunakan untuk mengobati penyakit perut, gangguan hati (liver), sembelit, diare berdarah, disentri, demam anak-anak, ambeien, dan masalah kulit.

Menurut berbagai sumber, tanaman ini juga dapat menjadi pestisida yang efektif untuk tungau jamur.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat temulawak bagi kesehatan yang perlu diketahui.

1. Mengatasi gangguan pencernaan

Berbagai gangguan kesehatan pada saluran pencernaan seperti perut kembung, dispepsia, dan gangguan pencernaan dapat diatasi dengan temulawak.

Penelitian menyebutkan, pasien yang mengalami gangguan kesehatan seperti penyakit kolitis ulseratif semakin membaik dengan mengonsumsi suplemen temulawak secara teratur.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.