Kompas.com - 19/08/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Tersiar kabar bahwa long covid atau gejala pasca-infeksi Covid-19 yang berkepanjangan disebut dapat memicu munculnya sejumlah penyakit lain, salah satunya diabetes tipe 2.

Sebuah hasil penelitian terbaru memperlihatkan bagaimana dalam waktu satu tahun setelah pulih dari infeksi Covid-19, lebih dari 40 persen penyintas kemungkinan terkena diabetes.

Penelitian  ini membandingkan 180.000 orang yang pernah terinfeksi Covid-19 dengan orang-orang yang tidak terinfeksi.

Baca juga: 5 Ciri-ciri Diabetes yang Sering Diabaikan Pengidapnya

Temuan menunjukkan, kelompok yang telah terinfeksi Covid-19 memiliki tingkat diabetes yang lebih tinggi, yang belum pernah didiagnosis sebelumnya.

Hubungan antara infeksi Covid-19 dan diabetes lebih tinggi di antara orang-orang yang memiliki infeksi yang lebih serius dan dirawat di rumah sakit.

Untuk setiap 1.000 orang yang diteliti, 13 orang lebih banyak dalam kelompok yang telah tertular Covid-19 didiagnosis menderita diabetes, dibandingkan dengan kelompok non-Covid-19.

Para penulis studi juga sebelumnya telah menunjukkan hubungan antara Covid-19 dan peningkatan penyakit ginjal, gagal jantung, maupun stroke.

Kendati demikian, studi ini terbilang masih cukup awal untuk menyimpulkan dengan tegas bahwa Covid-19 dapat menyebabkan diabetes.

Sebab, ada banyak faktor lain yang perlu dilihat dari penyebab penyakit ini pada para penyintas Covid-19.

Baca juga: Minum Kopi Bisa Cegah Diabetes, Asalkan...

"Setiap kali kita berpikir tentang proses penyakit kronis seperti diabetes, kita perlu melihat hal-hal secara longitudinal."

"Artinya, kita harus melacak hal-hal selama periode 5-10 tahun untuk benar-benar melihat apa yang terjadi," kata dokter perawatan kritis, Dr Abhijit Duggal, MD dari Clevelandclinic.org.

"Masih terlalu dini untuk menyebut tren yang kita lihat ini sebagai diabetes sebagai akibat pasca-infeksi Covid-19," sambung dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.