Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Hipnoterapi pada Gangguan Kecemasan, Ampuhkah?

Kompas.com - 02/09/2022, 21:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Riski Monika dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Pernahkah kamu merasakan perasaan gelisah yang menyebabkan harimu berat untuk dijalani? Bisa jadi kamu terkena gangguan kecemasan atau biasa disebut sebagai anxiety.

Menurut American Psychological Association (APA), gangguan kecemasan merupakan kemunculan emosi yang ditandai dengan perasaan tegang, khawatir, dan disertai perubahan fisik, seperti tekanan darah yang mengalami peningkatan, berkeringat, gemetar, pusing, serta jantung yang berdetak cepat.

Riset mengungkap berdasarkan 31 studi dengan jumlah 28.877 sampel, terdapat 41.3 persen yang mengalami anxiety. Menurut WHO, pandemi di sepanjang tahun 2020–2021 memicu peningkatan sebanyak 25 persen dalam prevalensi kecemasan serta depresi di seluruh dunia.

Salah satu metode yang telah lama digunakan praktisi adalah hipnoterapi. Psikiater dr. Dharmawan A. Purnama, Ph. D., akan membahas hipnoterapi dan gangguan kecemasan dalam siniar Anyaman Jiwa bertajuk “Hipnoterapi untuk Gangguan Kecemasan, Ampuh Gak?”.

Apa itu hipnoterapi?

Menurut dr. Dharmawan, seseorang yang memiliki kesadaran penuh kerap menimbulkan resistensi, yaitu penolakan terhadap perilaku atau pola pikir yang seharusnya ditangani.

Mengutip dari Choosing Therapy, hipnoterapi digunakan untuk menghubungkan kesadaran dan alam bawah sadar yang kemudian dimanfaatkan untuk mengidentifikasi penyebab gangguan kecemasan sekaligus menciptakan solusinya.

Bagaimana metode pengobatannya?

Seseorang memiliki ingatan yang sudah membaur dengan persepsi. Pada kondisi tersebut, seorang hipnoterapis akan mencoba mengakses ingatan pasien, kemudian secara perlahan pasien akan diajarkan untuk melakukan sugesti kepada diri sendiri.

Baca juga: RUU TPKS, Pelindung Korban Kekerasan Seksual

Dr. Dharmawan juga menjelaskan bahwa hipnoterapi kepada pasien akan memberikan latihan relaksasi progresif yang dilanjutkan dengan cara memberikan kata-kata tertentu agar pasien dapat langsung masuk ke dalam hipnostate.

Mengutip dari Medical News Today, metode dalam hipnoterapi juga melibatkan relaksasi terpadu, self-talk, visualisasi, hingga musik.

Memangnya ampuh, ya?

Menurut dr. Dharmawan, keampuhan metode hipnoterapi bergantung kepada kondisi pasien sendiri. Biasanya dilakukan uji sugestibilitas sebelum seorang hipnoterapis melakukan hipnoterapi kepada pasiennya.

Apabila pasien mudah disugesti dan tidak menunjukkan penolakan, maka hipnoterapi akan ampuh. Hasilnya, pasien akan dapat mengatasi permasalahannya sendiri dengan menghilangkan pemikiran yang sebelumnya patologis.

Baca juga: Cara Mengenali Undertone agar Make Up Jadi Maksimal

Sementara seorang pemikir atau yang memiliki gangguan obsesif kompulsif cenderung sulit disugesti, sehingga tidak disarankan untuk menjalani metode hipnoterapi. Adapun keefektifan metode hipnoterapi bergantung kepada pribadi yang menerimanya.

Oleh sebab itu, metode ini tak bisa sembarangan diterapkan kepada semua orang tanpa mempertimbangkan keefektifannya. Jangan sekali-sekali memaksakan metode hipnoterapi kepada orang yang memang tidak cocok atau sulit untuk disugesti.

Ingin dengar lebih banyak cerita, fakta, atau pengetahuan seputar kesehatan mental? Simak terus siniar Anyaman Jiwa di Spotify melalui tautan berikut. Topik pembahasan “Hipnoterapi untuk Gangguan Kecemasan, Ampuh Gak?” juga bisa kamu dengarkan melalui tautan berikut https://dik.si/anjiw_hipnoterapi_.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com