Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Hipnoterapi pada Gangguan Kecemasan, Ampuhkah?

Kompas.com - 02/09/2022, 21:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Riski Monika dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Pernahkah kamu merasakan perasaan gelisah yang menyebabkan harimu berat untuk dijalani? Bisa jadi kamu terkena gangguan kecemasan atau biasa disebut sebagai anxiety.

Menurut American Psychological Association (APA), gangguan kecemasan merupakan kemunculan emosi yang ditandai dengan perasaan tegang, khawatir, dan disertai perubahan fisik, seperti tekanan darah yang mengalami peningkatan, berkeringat, gemetar, pusing, serta jantung yang berdetak cepat.

Riset mengungkap berdasarkan 31 studi dengan jumlah 28.877 sampel, terdapat 41.3 persen yang mengalami anxiety. Menurut WHO, pandemi di sepanjang tahun 2020–2021 memicu peningkatan sebanyak 25 persen dalam prevalensi kecemasan serta depresi di seluruh dunia.

Salah satu metode yang telah lama digunakan praktisi adalah hipnoterapi. Psikiater dr. Dharmawan A. Purnama, Ph. D., akan membahas hipnoterapi dan gangguan kecemasan dalam siniar Anyaman Jiwa bertajuk “Hipnoterapi untuk Gangguan Kecemasan, Ampuh Gak?”.

Apa itu hipnoterapi?

Menurut dr. Dharmawan, seseorang yang memiliki kesadaran penuh kerap menimbulkan resistensi, yaitu penolakan terhadap perilaku atau pola pikir yang seharusnya ditangani.

Mengutip dari Choosing Therapy, hipnoterapi digunakan untuk menghubungkan kesadaran dan alam bawah sadar yang kemudian dimanfaatkan untuk mengidentifikasi penyebab gangguan kecemasan sekaligus menciptakan solusinya.

Bagaimana metode pengobatannya?

Seseorang memiliki ingatan yang sudah membaur dengan persepsi. Pada kondisi tersebut, seorang hipnoterapis akan mencoba mengakses ingatan pasien, kemudian secara perlahan pasien akan diajarkan untuk melakukan sugesti kepada diri sendiri.

Baca juga: RUU TPKS, Pelindung Korban Kekerasan Seksual

Dr. Dharmawan juga menjelaskan bahwa hipnoterapi kepada pasien akan memberikan latihan relaksasi progresif yang dilanjutkan dengan cara memberikan kata-kata tertentu agar pasien dapat langsung masuk ke dalam hipnostate.

Mengutip dari Medical News Today, metode dalam hipnoterapi juga melibatkan relaksasi terpadu, self-talk, visualisasi, hingga musik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.