Kompas.com - 03/09/2022, 10:39 WIB
Konsultasi Tanya Pakar Parenting

Uraikan lika-liku Anda mengasuh anak jadi lebih simpel

Kenali soal gaya asuh lebih apik lewat konsultasi Kompas.com

Narasumber: Jane Cindy Linardi, M.Psi, Psi, CGA

Pertanyaan:
Saya ibu dari anak perempuan berusia 5 tahun. Anak saya ini sehat, aktif, dan ceriwis. Yang jadi concern saya, sekarang ini dia sedang senang mainan makeup, berdandan sendiri. Awalnya saya biarkan saja, tapi lama-lama ketika keluar rumah pun, seperti untuk ke mal, dia juga minta dandan seperti pakai lipstik. Kalau dilarang dia akan marah.

Bagaimana ya cara memberi tahu anak bahwa berdandan tidak sesuai untuk usianya. Apakah ini hanya fase normal bagi anak perempuan? Saya khawatir anak menjadi centil.
Intan, Bandung

Baca juga: Ketika Si Anak Remaja Mulai Belajar Dandan

Jawaban:
Halo Ibu Intan, terima kasih atas pertanyaannya, ya.
Usia 5 tahun merupakan fase saat anak senang meniru (observational learning). Anak akan banyak mengamati dan berusaha mengulang kembali apa yang sering dilihatnya.

Pada anak perempuan, sangat wajar jika ia ingin meniru ibunya seperti saat ibunya berdandan, menggunakan lipstik, memakai tas, atau sepatu heels.

Lipstik yang digunakan oleh anak Ibu, dapat diganti dengan pelembap bibir khusus anak. Ada baiknya jika Ibu memberi pengertian kepada si kecil bahwa pelembap bibir yang Ibu berikan untuknya aman bagi anak-anak dari segi kandungan dan sebagainya.

Sebaiknya anak juga diberikan pengertian terkait kapan ia boleh menggunakan lipstik, misalnya pada saat anak menginjak usia tertentu.

Kriteria usia anak diperbolehkan menggunakan lipstik bergantung pada kesepakatan orang tua. Contohnya ada beberapa orang tua yang memperbolehkan anak menggunakan lipstik di usia 15 tahun saat ada acara tertentu, ada juga yang baru memperbolehkan anak menggunakan lipstik di usia 17 tahun, dan sebagainya.

Semoga jawabannya membantu ya, Bu. Sehat selalu untuk Ibu dan si kecil.

Narasumber: Jane Cindy Linardi, M.Psi, Psi, CGA
Psikolog RS Pondok Indah – Bintaro Jaya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.