Kompas.com - 19/09/2022, 16:20 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Model jam tangan klasik dan elegan selalu dikaitkan dengan hasil karya manufaktur jam yang berasal dari Swiss.

Padahal, kemampuan menciptakan jam tangan klasik bukan cuma dikuasai watchmaker Swiss bro. Seiko contohnya.

Sejak tahun 2016, pembuat jam Jepang itu mengenalkan rangkaian koleksi Presage. Ini adalah koleksi yang dibuat untuk menonjolkan seni artistik khas Negeri Sakura.

Koleksi ini terus dikembangkan Seiko. Pada tahun lalu, lahirlah lini bergaya retro dengan nama "Presage Style 60S" yang terispirasi dari model warisan perusahaan, Crown Chronograph keluaran tahun 1964.

Dan akhirnya, Seiko mengusung Presage Style 60S dalam tiga referensi baru, yaitu SRPH93J1, SRPH95J1, dan SSA453J1 di bulan September ini.

Baca juga: 6 Arloji Seiko Speedtimer, Hormati Warisan Masa Lalu

Hormati warisan masa lalu

Semua model dalam koleksi Presage mengambil inspirasi desain dari jam tangan terpenting sepanjang sejarah Seiko, Crown Chronograph 1964.

Crown Chronograph adalah jam tangan dengan fungsi kronograf pertama di Jepang ketika itu, yang dilengkapi mesin Calibre 5719.

Seiko Crown Cronograph 1964Katsunori Kishida Seiko Crown Cronograph 1964

Jam tangan ini mengawali kiprah Seiko dalam pembuatan jam tangan kronograf, yang mencapai puncaknya ketika manufaktur tersebut menghadirkan kronograf otomatis pertama di tahun 1969.

Model Crown Chronograph terbilang unik karena tidak memperlihatkan konstruksi yang rumit layaknya arloji kronograf pada umumnya.

Sekadar informasi, fungsi kronograf dalam sebuah arloji adalah sebagai stopwatch yang memiliki penghitung detik, menit, dan jam.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.