Kompas.com - 25/09/2022, 09:53 WIB

KOMPAS.com - Saat hendak melangsungkan pernikahan, ternyata calon pengantin tidak hanya perlu memikirkan persiapan acara, tempat tinggal, dan semacamnya. Akan tetapi, sisi kesehatan, seperti status gizi normal juga perlu dipastikan.

Sebab, status gizi yang tidak normal dapat menyebabkan berbagai gangguan kehamilan, serta pengaruhi pertumbuhan janin, seperti bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR), lahir prematur, dan risiko stunting.

Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) mendorong masyarakat agar sadar dan peduli kesehatan melalui gerakkan Generasi Bersih dan Sehat (Genbest).

Nah, bagi para Genbest yang hendak menikah, sudahkan memastikan status gizi dalam angka normal?

Untuk mengetahui status gizi, antara lain bisa dilakukan dengan pengukuran indeks massa tubuh (IMT), ditambah pengukuran lingkar lengan atas (LILA). Sebagai informasi, IMT merupakan proposisi standar dari berat badan (BB) terhadap tinggi badan (TB).

Nah, bagi Genbest yang masih merasa kurang percaya diri karena status gizi belum normal bisa mulai meningkatkannya. Langkah itu sebenarnya tidak berbeda dengan membangun pola makan sehat melalui gizi seimbang.

Baca juga: Daftar Persiapan yang Tak Boleh Dilupakan Calon Pengantin

Bagi para calon ibu, beberapa sumber gizi yang tidak boleh dilewatkan, di antaranya protein, zat besi, dan asam folat.

Dilansir dari laman himpunan mahasiswa (Hima) Gizi Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (Fema IPB), berikut lima tips untuk meningkatkan status gizi

1. Menjaga berat badan ideal

Tips pertama yang bisa diterapkan agar status gizi normal adalah menjaga berat badan ideal. Sebab, kelebihan atau kekurangan berat badan berisiko menimbulkan masalah saat kehamilan.

Misalnya, berat badan berlebih atau kegemukan dapat menurunkan kesuburan. Semantara, beran badan kurang atau kurus dapat memengaruhi pertumbuhan janin dan menyebabkan risiko berat badan lair rendah (BBLR).

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.