Kompas.com - 30/09/2022, 07:56 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Aglaonema alias Chinese evergreen atau sri rejeki merupakan salah satu tanaman hias yang jadi favorit para pecinta tanaman di Indonesia karena bentuk dan motifnya yang cantik serta terbilang mudah dirawat.

Ya, tanaman tropis yang memiliki daun besar mengkilap berbentuk oval ini memiliki cara merawat yang mudah, sehingga cocok bagi pemula yang baru terjun ke dunia tanaman hias.

Namun bagi pemilik hewan peliharaan, nampaknya harus berpikir dua kali sebelum merawat aglaonma. Pasalnya, aglaonema merupakan tanaman hias yang beracun bagi anjing dan kucing.

Lalu perlu diingat, meski perawatannya terbilang mudah, kita tetap perlu memahami dengan baik cara perawatannya agar aglaonema bisa tumbuh sehat dan subur.

Dikutip dari The Spruce, sebenarnya cara merawat aglaonema agar sehat dan subur hanya memiliki satu aturan sederhana, yaitu semakin terang variegasi pada daun aglaonema, semakin banyak pula cahaya matahari yang dibutuhkan.

Selain itu, kita juga perlu menjaga agar tanaman tetap hangat dan lembap agar aglaonema tumbuh stabil, awet, dan tidak melebihi besar pot tempat menanamnya.

Baca juga: Mengenal Aglonema dan Cara Merawatnya

Cara merawat aglonema

Ilustrasi tanaman hias Aglonema Red Sumatra atau Aglonema Pride of Sumatra.SHUTTERSTOCK/UNTUNGSUBAGYO Ilustrasi tanaman hias Aglonema Red Sumatra atau Aglonema Pride of Sumatra.
Agar lebih paham, simak beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat aglaonema berikut ini.

  • Cahaya

Varietas aglaonema dengan daun yang lebih gelap dapat tumbuh di dekat naungan, sedangkan varietas lainnya membutuhkan sedikit lebih banyak cahaya terang.

Lalu, berhati-hatilah untuk tidak mengekspos aglaonema ke sinar matahari langsung, karena sinar matahari yang terlalu kuat dapat membakar daun halus aglaonema.

  • Tanah

Aglaonema sebenarnya bukan tanaman pemilih dalam soal tanah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber The Spruce


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.