Kompas.com - 01/10/2022, 08:09 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jika bicara soal bahan pengawet makanan buatan, tak sedikit yang langsung memikirkan berbagai dampak negatif yang dihasilkan.

Memang, dikutip dari Live Strong, beberapa bahan pengawet makanan buatan yang terhitung “aman” di Indonesia pun memiliki dampak negatif, seperti sodium nitrit yang meningkatkan risiko kanker pankreas, atau sulfit yang dapat memicu asma.

Kendati demikian, efek tersebut biasanya hanya akan terjadi jika kita mengonsumsi bahan pengawet makanan buatan tersebut melebihi batas yang dianjurkan, yang telah diatur oleh Badan Penggawas Obat dan Makanan (BPOM).

Sayangnya, terkadang kita mengonsumsi bahan pengawet buatan itu secara tidak sengaja karena kita tidak menyadari nama lain bahan pengawet itu.

Untuk itu, kita perlu memahami beberapa nama lain bahan pengawet dalam label makanan. Misalnya, bahan pengawet yang telah memiliki izin penggunaan di Indonesia oleh BPOM berikut.

Baca juga: Pentingnya Baca Label Kemasan untuk Cegah Obesitas di Tengah Pandemi

Nama lain bahan pengawet makanan di Indonesia

Peraturan Kepala BPOM No. 36 Tahun 2013 menentukan jenis-jenis bahan pengawet buatan yang aman dikonsumsi.

Berikut daftarnya, dilansir dari berbagai sumber.

  • Asam sorbat

Saat dijadikan bahan pengawet makanan, asam sorbat biasanya digunakan dalam makanan dan minuman berikut.

  • anggur
  • keju
  • makanan yang dipanggang
  • produk segar
  • daging dan kerang yang didinginkan

Lalu karena sifat antijamurnya, asam sorbat juga digunakan dalam makanan kaleng, seperti versi kaleng dari acar, plum, ceri maraschino, buah ara, dan salad siap saji.

  • Sodium Benzoat

Sodium benzoat merupakan bahan pengawet makanan yang biasanya ada pada minuman berkarbonasi dan makanan asam, seperti salad dressing, acar, atau jus buah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.