Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Bahan Serum yang Disarankan Dokter Kulit untuk Atasi Tanda Penuaan

Kompas.com - 29/11/2022, 14:36 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber She Finds

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, kulit kita akan mengalami tanda-tanda penuaan seperti munculnya kerutan dan garis-garis halus.

Untungnya, beberapa produk skincare seperti serum memiliki bahan-bahan yang dapat membantu mengatasi masalah ini dan membuat kulit tampak lebih kenyal.

Seperti dilansir dari laman She Finds, para ahli dermatologi pun merekomendasikan sejumlah bahan serum yang diyakini mampu mengatasi tanda-tanda penuaan kulit sebagai berikut.

1. Gycolic acid

Menurut dokter spesialis kulit dan penulis di My Psoriasis Team, Dr Anna Chacon, MD, menggunakan serum yang mengandung gycolic acid dapat membantu meningkatkan kolagen, protein paling melimpah dalam tubuh manusia yang meningkatkan elastisitas kulit.

"Asam glikolat (gycolic acid) adalah bahan favorit yang meremajakan kulit," terangnya.

Chacon juga menjelaskan bahwa sifat anti penuaan juga membantunya berfungsi sebagai pencerah kulit saat digunakan dalam serum.

Selain itu, gycolic acid dapat membantu mengelupas kulit saat dibutuhkan, mempercepat pergantian sel, dan pada akhirnya, meningkatkan kolagen yang dapat menghaluskan garis-garis halus dan meningkatkan warna kulit secara keseluruhan.

Baca juga: Cara Memakai Serum Wajah agar Hasilnya Maksimal

2. Vitamin C

Dokter spesialis kulit dan pendiri lini perawatan kulit remaja Bright Girl, Dr Angela Casey, MD, mengatakan, vitamin C mampu mencegah kerutan dengan melindungi kulit dari sinar matahari.

Dia juga menambahkan, menggunakan serum vitamin C setiap pagi setelah membersihkan wajah dan sebelum mengoleskan tabir surya sangat penting untuk kulit yang lebih kenyal dan bercahaya.

"Setelah mencuci wajah dengan pembersih lembut dan pH seimbang menggunakan air hangat, kita bisa mengaplikasikan serum antioksidan seperti vitamin C," terangnya.

"Antioksidan adalah langkah perawatan kulit pagi hari yang penting untuk mempersiapkan kulit menghadapi semua polutan dan iritasi lingkungan yang kita temui sepanjang hari," sambung dia.

Casey pun menyarankan untuk menganggap serum antioksidan sebagai lapisan perlindungan ekstra pada kulit.

Baca juga: Manfaat Vitamin C untuk Mengurangi Tanda-tanda Penuaan Wajah

3. Hyaluronic acid

Casey juga merekomendasikan serum asam hialuronat (hyaluronic acid) untuk diaplikasikan setiap malam, setelah membersihkan wajah dan sebelum memakai pelembap.

Menurut dia, menambahkan hyaluronic acid ke dalam rutinitas skincare setiap malam dapat mencegah tanda-tanda penuaan kulit, serta menghidrasi kulit secara sehat saat kita tidur.

"Hyaluronic acid adalah humektan, zat yang menarik air ke arahnya," jelas Casey.

Dia juga mencatat bahwa hyaluronic acid dapat mengikat hingga 1.000 kali beratnya dalam air, sehingga molekul ini sangat penting dalam menjaga kulit tetap terhidrasi.

"Secara keseluruhan, ketika kita mengaplikasikan produk skincare yang efektif seperti hyaluronic acid pada malam hari, kita akan melihat kemanjuran optimal dari produk tersebut," kata Casey.

Karena kulit kita sangat bergantung pada air dan hidrasi untuk berfungsi dengan baik, maka penting bagi kulit untuk tetap terhidrasi agar tetap kuat dan melakukan fungsi perlindungannya.

"Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tetap kuat, tangguh, dan sehat, serta membantu kerutan terlihat tidak terlalu jelas," imbuh dia.

Baca juga: 3 Kandungan Serum yang Bikin Kulit Wajah Tampak Lebih Muda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber She Finds
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com