BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Frank & Co

Pererat Kebersamaan, Berikut 5 Tip Membuat Halalbihalal Bersama Kerabat Jadi Lebih Berkesan

Kompas.com - 26/04/2023, 12:03 WIB
Siti Sahana Aqesya,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Saat Lebaran, bersilaturahmi dengan keluarga, kerabat, dan teman menjadi tradisi yang selalu dilakukan dari tahun ke tahun. Adapun salah satu kegiatan silaturahmi yang diselenggarakan saat Idul Fitri adalah halalbihalal.

Halalbihalal sendiri berasal dari bahasa Arab, yakni “halla-yahallu-hallan” yang berarti terurai. Dari arti ini, halalbihalal dimaknai sebagai momen untuk mengurai kekusutan hubungan dengan saling memaafkan.

Biasanya, halalbihalal dikemas dengan kegiatan bermaaf-maafan dan santap hidangan Lebaran bersama. Jika Anda ingin membuat halalbihalal lebih berkesan, praktikkan lima tip berikut.

1. Ciptakan suasana berkumpul yang informal dan ceria

Salah satu poin penting dalam halalbihalal adalah mengeratkan tali persaudaraan. Oleh karena itu, suasana halalbihalal harus bisa memberikan kenyamanan kepada seluruh peserta.

Untuk menciptakan hal tersebut, Anda bisa mengusung format acara informal dan ceria. Format acara seperti ini juga dapat mencairkan suasana sehingga seluruh tamu dapat saling berinteraksi dan terbuka satu sama lain. Hal ini pun bisa membuat seluruh tamu menikmati acara dengan leluasa.

2. Berikan kesempatan untuk mengakui kesalahan dan saling memaafkan

Seperti telah disinggung, halalbihalal diadakan untuk saling melepaskan diri dari kekusutan hubungan yang berpotensi memperburuk tali persaudaraan. Oleh karena itu, agenda utama dari halalbihalal adalah saling mengakui kesalahan dan memaafkan satu sama lain.

Agar rangkaian acara dapat berjalan dengan lancar, momen saling meminta maaf dapat dilakukan langsung setelah pembukaan. Hal ini dilakukan agar seluruh tamu dapat menikmati acara tanpa beban.

3. Sediakan waktu kosong untuk saling berbagi cerita

Untuk meningkatkan keintiman, Anda dapat memberikan waktu kosong selama acara kepada para tamu untuk saling berbagi kabar tentang kehidupan masing-masing.

Dengan saling berbagi cerita, seluruh tamu dapat menyambung kembali hubungan yang mungkin renggang lantaran jarak dan jarang bertemu.

Agar momen bercerita bisa dilakukan dengan santai, Anda bisa menyelipkan agenda ini sembari menyantap hidangan.

4. Buat acara hiburan

Momen saling mengakui dan memaafkan kesalahan kerap berujung haru. Untuk membangkitkan kembali kemeriahan halalbihalal, buatlah acara hiburan yang menyenangkan.

Agar adil dan mengasyikkan, bikin acara hiburan yang bisa dinikmati dan dimainkan oleh semua kalangan. Caranya, kumpulkan tamu yang hadir menjadi sejumlah kelompok dan minta mereka untuk menampilkan hiburan, seperti bermain musik, menari, stand-up comedy, dan bermain drama.

5. Hadirkan permainan dan doorprize

Selain hiburan, Anda juga bisa membuat permainan berkelompok untuk memeriahkan halalbihalal. Pilihlah permainan seru yang sesuai dengan tema dan tempat acara.

Adapun rekomendasi permainan simpel yang bisa dilakukan adalah sambung lagu dan tebak kata lewat gestur. Anda juga bisa memanfaatkan gim kuis online, seperti Kahoot dan Gartic.io.

Sisihkan pula bujet halalbihalal untuk hadiah pemenang lomba dan doorprize. Adapun pelaksanaan doorprize dapat dilakukan dengan meminta setiap tamu mengisi nama mereka dalam kertas kecil. Pada akhir acara, kocok kumpulan nama tersebut. Nama yang keluar adalah pemenang doorprize.

Itulah lima tip yang bisa dilakukan agar acara halalbihalal tidak membosankan dan silaturahmi dapat terjalin erat. Jangan lupa gunakan tampilan yang memukau di acara halalbihalal tersebut.

Pasalnya, pada momen Idul Fitri, umat Islam disarankan untuk menggunakan pakaian bagus sebagai perayaan kemenangan setelah 30 hari berpuasa.

Untuk memenuhi hal itu, Anda bisa melengkapi busana yang dipakai saat halalbihalal dengan perhiasan berlian eksklusif dari Frank & co.

Memasuki tahun ke-27 berdiri, Frank & co. menyediakan desain terbaru untuk sejumlah koleksi ternama, yakni Frank Fire Peony, Carisse, dan Chain Deer Earrings dari koleksi Frank Deer.

Liontin dari koleksi Frank Fire Peony. Liontin dari koleksi Frank Fire Peony.

Adapun untuk koleksi Frank Fire Peony, Frank & co. menghadirkan cincin, anting, gelang, dan liontin berlian berdesain soliter dengan satu tingkat kelopak. Dibuat menggunakan teknologi bright cutting, berlian yang disematkan pada koleksi ini terlihat lebih besar dan memberikan kesan manis saat dikenakan.

Bangle dari koleksi Carisse. Bangle dari koleksi Carisse.

Koleksi berlian terbaru lain yang turut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-27 Frank & co. adalah Carisse. Koleksi ini terdiri dari empat set perhiasan yang terdiri dari kalung, liontin, bangle dan bracelet, serta cincin. Seluruhnya memiliki desain yang simpel dan klasik.

Perhiasan lain yang tak kalah cantik adalah Chain Deer Earrings dari koleksi Frank Deer. Mengadopsi desain deer atau rusa yang merupakan ikon Frank & co., anting emas trendi ini memberikan kesan anggun saat dikenakan.

Chain Deer Single Earring dari koleksi Frank Deer. Chain Deer Single Earring dari koleksi Frank Deer.

Koleksi tersebut terdiri dari tiga desain, yakni Chain Deer Earrings yang berdesain sama untuk kedua telinga, Chain Deer Mismatch Earrings dengan desain berbeda untuk kedua telinga, dan Chain Deer Single Earring yang dipakai untuk satu telinga.

Melengkapi kemeriahan HUT ke-27, Frank & co. juga menayangkan film pendek, yakni Genuine Expressions. Melalui film ini, Frank & co. menghadirkan ekspresi alami seseorang terhadap orang tersayang.

Film pendek yang tayang selama Maret hingga April 2023 tersebut dapat ditonton di kanal YouTube berikut

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai koleksi perhiasan berlian dari Frank & co., silakan pantau Instagram dan situs web resmi Frank & co.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com