Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mengajak Anjing Jalan-Jalan

Kompas.com - 16/05/2023, 05:27 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

KOMPAS.com - Jalan-jalan rutin dianggap sebagai kegiatan yang wajib dilakukan oleh para pemilik anjing.

Pasalnya, jalan-jalan rutin ini bisa menjadi salah satu cara anjing untuk tetap bergerak aktif, yang membantunya untuk tetap menjaga berat badannya.

Namun, mengajak anjing jalan-jalan pun tidak bisa sembarangan. Sebab, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat mengajak anjing jalan-jalan.

Dilansir dari Cuteness, berikut daftar hal yang tidak boleh dilakukan saat mengajak anjing jalan-jalan.

Membiarkan anjing menarik lehernya

Jika memiliki anjing yang belum menguasai cara berjalan-jalan dengan tali kekang, penting bagi kita untuk memilih perlengkapan yang tepat agar anjing tidak menarik lehernya.

Pasalnya, jika anjing menarik lehernya terlalu keras, trakea anjing bisa cedera, dan tubuhnya pun bisa terluka.

Jadi, sebaiknya pilih perlengkapan yang tepat untuk dipakai anjing, mulai dari kalung, hingga harness yang menghilangkan tekanan tarikan dari leher anjing saat berjalan.

Baca juga: 6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mendekati Anjing

Membiarkan anjing mendekati anjing atau orang lain

Saat berjalan-jalan dengan anjing, jangan biarkan anjing mendekati anjing atau orang lain, kecuali jika kita sudah diberi izin.

Pasalnya, meskipun anjing kita menyukai anjing dan orang lain itu, bukan berarti hal yang sama dirasakan oleh pihak yang didekati.

Jadi, ada baiknya kita mengajari anjing untuk fokus pada diri kita, bukan mencoba mendekati anjing dan orang lain. Selain itu, hal ini juga akan membantu anjing untuk terus melihat kita, bukan malah mencoba menyapa orang lain secara terus menerus.

Jangan gunakan retractable leash

Saat berjalan-jalan dengan anjing, sebaiknya jangan menggunakan retractable leash atau tali yang bisa ditarik.

Pasalnya, bukan hanya berbahaya bagi anjing, tali kekang jenis ini juga bisa melukai manusia dan sering tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Jadi jika membawa anjing berjalan-jalan di area terbuka dan ingin memberi anjing kesempatan untuk menjelajah, sebaiknya gunakan tali kekang panjang yang dapat memberi anjing ruang untuk menjelajah dengan aman.

Jangan biarkan anjing lepas kendali

Jangan pernah melepas tali kekang anjing, kecuali jika kita membawanya berjalan-jalan di area yang mengizinkan kita untuk melepas tali kekangnya, seperti taman khusus hewan.

Ingat, mengikat anjing dengan tali kekang adalah salah satu cara terbaik untuk membuat anjing dan orang lain merasa lebih aman dan nyaman.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com