Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dwayne Johnson Bongkar Cerita Perjuangannya Melawan Depresi

Kompas.com - 06/06/2023, 14:34 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber DMarge

KOMPAS.com - Aktor Hollywood Dwayne Johnson atau biasa disebut The Rock ternyata sempat punya masalah dengan kesehatan mental.

Melalui wawancaranya dengan Podcast The Pivot, dia mengungkapkan cerita dan perjuangannya yang berkelanjutan dalam melawan depresi.

Aksinya itu pun mencerminkan bahwa krisis kesehatan mental bagi pria di seluruh dunia sudah sangat mengkhawatirkan.

Apalagi Johnson merupakan sosok pria macho dan berotot yang lekat dengan stereotip "lelaki kuat" yang ternyata perlu menurunkan ego-nya saat melawan depresi yang dialami.

Baca juga: Rahasia Otot Bahu Kekar Dwayne Johnson di Usia 50 Tahun 

Di dalam Podcast itu, Johnson mengenang saat dirinya merasa depresi ketika dia masih duduk di bangku sekolah menengah.

Sayangnya tidak diceritakan secara rinci penyebab dia mengalami depresi, tetapi Johnson mengakui kalau masa-masa itu cukup berat dia lalui.

"Saya sampai tidak ingin pergi ke sekolah, saya tidak mengikuti ujian tengah semester," katanya seperti dilansir Dmarge.

Kala itu, dia harus berjuang melawan depresi sekaligus bahunya yang sedang mengalami cedera.

Cedera yang dialaminya pun membuatnya tidak bisa melakukan latihan fisik secara teratur dan kesehatan mentalnya terus merosot.

"Sebagai seorang atlet, keringat apapun yang dihasilkan akan membantu," kata dia.

Sejak saat itu, dia memahami bahwa rutinitas paginya harus disematkan aktivitas fisik yang agak terdengar gila, termasuk latihan yang menguras energi dan fisiknya.

Aktor Dwayne Johnson menghadiri Academy Awards ke-95 pada 12 Maret 2023 di Hollywood, California.Arturo Holmes/AFP/ GETTY IMAGES NORTH AMERICA Aktor Dwayne Johnson menghadiri Academy Awards ke-95 pada 12 Maret 2023 di Hollywood, California.

Kecemasan berlebihan dan depresi pun datang lagi bertahun-tahun kemudian saat dirinya bercerai dengan istri pertama, Dany Garcia.

Pria yang juga gemar mengoleksi jam tangan ini mengakui bahwa masalah terbesar yang dia hadapi dalam melawan depresi adalah bukan soal masalahnya, tetapi dia sama sekali tidak memahami apa itu kesehatan mental.

Sejauh ini dia hanya memahami bahwa kesehatan mental hanya dapat diatasi dengan olahraga, dan faktanya olahraga yang dia lakukan tidak berdampak signifikan.

Depresinya tidak kunjung pulih serta merasa dirinya dan kehidupannya semakin terlihat kelabu. Sampai pada akhirnya Johnson mencari tahu dan menyadari banyak hal seputar kesehatan mental.

Halaman:
Sumber DMarge
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com