Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Memakai Kain Tenun untuk Laki-laki, Jangan Salah Pilih Warna

Kompas.com - 12/03/2024, 16:06 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di tengah arus mode yang terus berubah, satu elemen yang tetap klasik dan menarik adalah kain tenun.

Seiring dengan meningkatnya minat akan budaya lokal dan keberlanjutan, kain tradisional ini semakin menjadi pilihan utama bagi pria yang ingin tampil berbeda.

Namun, memilih dan mengenakan kain tenun dengan gaya yang tepat tidak selalu mudah. Untuk itu, berikut beberapa tips memakai tenun untuk laki-laki yang akan membantu kamu menciptakan gaya yang tepat saat berbusana.

Baca juga:

Tips memakai kain tenun untuk laki-laki

1. Pilih cutting simpel

Dana Maulana, desainer di balik kegemilangan Danjyo Hiyoji, menyarankan untuk memilih cutting-an yang simpel ketika menggunakan kain tenun.

"Untuk laki-laki kalau bisa pilih cutting-an yang simple tapi tetap terlihat keren," ujar Dana Maulana pada kompas.com di Mall Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (08/03/2024).

Pilihlah item tenun yang tidak terlalu rumit, seperti kemeja atau jaket dengan potongan yang clean dan tidak terlalu banyak detail. Hal ini akan memberikan fokus pada keindahan kain tenun itu sendiri.

2. Padukan dengan pakaian lainnya

Ketika memakai kain tenun, pastikan untuk memadukannya dengan pakaian lain yang sesuai. Misalnya, padukan kemeja kain tenun dengan celana panjang berbahan katun atau denim untuk tampilan yang santai namun tetap stylish.

Atau, bisa juga dipadukan dengan blazer untuk tampilan yang lebih formal namun tetap mempertahankan nuansa tradisional.

"Kunci dari berbusana adalah keselarasan," sambungnya.

Baca juga: Desainer Edward Hutabarat Pamerkan Keindahan Tenun Indonesia di Paris

3. Perhatikan warna

Model Menampilkan busana bertajuk ALTERKULTUR oleh Cita Tenun Indonesia feat Amotsyamsurimuda, Danjyo Hiyoji & Priyo Oktaviano, Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (03/03/2024).KOMPAS.com/NAZLA UFAIRA SABRI Model Menampilkan busana bertajuk ALTERKULTUR oleh Cita Tenun Indonesia feat Amotsyamsurimuda, Danjyo Hiyoji & Priyo Oktaviano, Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (03/03/2024).

Dalam memilih kain tenun, pilihan warna memiliki peran penting.

"Warna dapat mencerminkan kepribadian dan suasana hati seseorang," jelasnya.

Perhatikan warna kain tenun yang akan kamu pilih, sesuaikan dengan warna kulit dan juga suasana acara yang akan dihadiri.

Baca juga: Cara Pakai Kain Batik Jadi Model Celana ala Didiet Maulana

Untuk tampilan yang lebih universal, pilihlah warna netral seperti hitam, abu-abu, atau biru navy.

4. Penggunaan yang tepat

Lalu, gunakan tenun secara tepat dan tidak berlebihan. Sesuaikan dengan acara yang akan dihadiri.

"Penggunaan kain tenun haruslah tepat sesuai dengan kesempatan," ujar Dana.

Misalnya, untuk acara formal seperti pernikahan, kamu bisa memilih kemeja atau blazer dari kain tenun. Namun, untuk suasana yang lebih santai, kamu bisa memilih kaus atau jaket yang terbuat dari kain tenun.

Baca juga: Ada Tas Kain Nusantara di Inacraft 2024, Pakai Kulit Sapi Lokal

Dengan mengikuti tips dari Dana Maulana, kamu bisa tampil dengan percaya diri dan memukau dalam balutan kain tenun. Ingatlah, memakai kain tenun bukan hanya sekedar tren, tetapi juga sebuah penghargaan terhadap kekayaan budaya dan seni tradisional.

@kompas.lifestyle Selamat Hari Perempuan Sedunia! Meskipun perayaannya jatuh pada 8 Maret, tentu nggak ada kata terlambat untuk mengucapkannya sekaligus saling mendukung sesama perempuan di dunia. Terkadang, kebanggaan seorang wanita bukan hanya tentang kesuksesan besar, tetapi juga tentang momen kecil yang membangkitkan kepercayaan dirinya. Di Hari Perempuan Internasional ini, mari kita rayakan kekuatan, keberanian, dan keindahan dalam setiap langkah kita ???? #HariPerempuanInternasional #hariperempuan #lifestyle ? Good Life(DJ???) - ???
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com