Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menengok Keindahan Kain Tenun dalam Aneka Tas Kulit Modern

Kompas.com - 05/10/2023, 17:40 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain untuk busana, kain tenun ternyata dapat diaplikasikan ke dalam bentuk fesyen lain seperti tas. Seperti kreasi yang dihasilkan oleh merk tas lokal Tzeza.

Menggeluti bisnis sejak tahun 2010, Sami Nainggolan, berupaya memperkenalkan keindahan kain tenun dengan mengombinasikannya bersama tas-tas kulit modern.

Ini juga tidak lepas dari kecintaan Sami pada wastra dan kemampuannya dalam mendesain sebuah tas.

"Mulanya saya pingin punya tas dengan kombinasi kain tradisional, saat itu petama kali mencoba dengan tenun ulos dan ternyata cocok."

Demikian penuturan Sami kepada Kompas.com, saat ditemui dalam pameran Inacraft on October 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (4/10/2023).

"Akhirnya karena banyak teman yang juga suka dan tertarik, saya pun mulai menerima pesanan tas-tas yang berfokus pada kulit dan kain tenun," terangnya.

Baca juga: Tas Perpaduan Tenun dan Kulit di ASEAN Weekend Market 2023

Menurut Sami, untuk proses produksi tas-tas di Tzeza, ia telah lama bekerja sama dengan penenun lokal, terutama di Nusa Tenggara Timur.

Yang terbaru, ia juga menggunakan tenun Baduy yang tidak kalah mengesankan.

"Sebenarnya saya tidak hanya menggunakan tenun saja, tetapi semua jenis wastra seperti batik dan lurik," ungkapnya.

Menggunakan kain tenun dari pewarna alam

Sebagian besar kain tenun yang digunakan dalam tas-tas tersebut menggunakan pewarna alam yang lebih ramah terhadap lingkungan.

"Ya hampir semua kain yang dipakai sudah menggunakan pewarna alam yang diambil dari alam seperti tanaman, akar, atau ranting. Tergantung kondisi alam tempat kain berasal," kata Sami.

"Misalnya, jika kain berasal dari NTT, maka pewarna alamnya diambil dari beberapa tanaman di sana yang bisa mengeluarkan warna, kemudian penenun akan mencelupkan benangnya ke pewarna itu," jelasnya.

Selama 13 tahun terakhir, produk Tzeza juga sudah mulai menggunakan kulit asli.

Baca juga: 3 Cara Gunakan Bunga Telang untuk Pewarna Alami, Tips dari Petani

Beragam produk tas kulit yang dikombinasikan dengan kain tenun merek Tzeza dalam acara pameran Inacraft On October 2023.KOMPAS.com/Ryan Sara Pratiwi Beragam produk tas kulit yang dikombinasikan dengan kain tenun merek Tzeza dalam acara pameran Inacraft On October 2023.
"Jadi, bagaimana supaya produk kami bisa ikut menjaga ekosistem lingkungan, dari sisi pemakaian plastik diusahakan tidak ada sama sekali," ujar Sami.

"Maka dari itu, kami berusaha untuk tidak menggunakan kulit sintetis. Bahkan, untuk membungkus produk kami juga sudah menggunakan kain belacu," terangnya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com