Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Tenun Nasional, Kenali Ragam Jenis Tenun Indonesia dan Maknanya

Kompas.com - 07/09/2023, 09:15 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai salah satu wastra khas Indonesia, tenun berhasil melintasi zaman sampai sekarang, di tengah ada beragam jenis pilihan busana. 

Tradisi tenun bisa kita temui di berbagai daerah di Tanah Air. Meski begitu, sebagian jenisnya mulai menghilang karena tidak diproduksi lagi. Itu sebabnya, pemerintah pun menetapkan  tanggal 7 September diperingati menjadi Hari Tenun Nasional.

Selain jenis kain yang dipakai, setiap daerah pun memiliki teknik, ragam hias, hingga warna wastra yang bermacam-macam. 

Dulu, banyak motif kain tenun dikaitkan dengan aspek keagamaan dan upacara adat, seperti ritual kelahiran, perkawinan, dan kematian. 

Namun sekarang, kain tenun tidak hanya digunakan sebagai busana atau pelengkap upacara adat, namun juga telah digunakan untuk interior.

Baca juga: Tas Perpaduan Tenun dan Kulit di ASEAN Weekend Market 2023

Ragam jenis tenun Indonesia dan maknanya

Ada beragam jenis tenun yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dengan motif dan makna yang berbeda-beda.

Untuk mengenalinya lebih dalam, berikut adalah beberapa jenis kain tenun di Indonesia sebagaimana dilansir dari laman Kompas.com:

• Tenun Pandai Sikek (Minangkabau)

Tenun di Minangkabau pada awalnya tidak hanya terdapat di Pandai Sikek, tetapi juga di nagari atau wilayah lain seperti Silungkang, Koto Gadang, Koto nan Ampek, dan Kubang.

Di Minangkabau, tenun songket ini pada umumnya digunakan ketika acara adat, seperti perkawinan, batagak gala (melantik penghulu) dan penyambutan tamu-tamu penting.

Songket Pandai Sikek memiliki nilai-nilai seperti keindahan, ketekunan, ketelitian, serta kesabaran yang dapat menjadi acuan bagi penggunanya maupun pembuatnya.

Baca juga: Kreasi Gamis dari Songket Pandai Sikek

Sejumlah gulungan kain songket palembang di Rumah Songket Adis di Palembang, (20/11/2022).KOMPAS.com/ADITYO WISNU Sejumlah gulungan kain songket palembang di Rumah Songket Adis di Palembang, (20/11/2022).

• Songket Palembang

Songket Palembang merupakan pakaian adat yang umumnya digunakan dalam acara-acara resmi maupun dalam upacara adat pernikahan.

Pada saat acara pernikahan, semua orang mengenakan songket, mulai dari mempelai pria, mempelai wanita, keluarga mempelai, hingga tamu yang hadir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com