Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenama Fesyen Lokal Bawa Keindahan Tenun Garut di London Fashion Week

Kompas.com - 04/09/2023, 10:55 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu pioneer jenama fesyen lokal, Kami. bakal memamerkan keindahan tenun Garut di London Fashion Week (LFW) Spring Summer 23/24 pada 18 September mendatang.

Ini merupakan kali keempat Kami. tampil di panggung mode internasional setelah sebelumnya sempat unjuk gigi di Seoul Fashion Kode, New York Fashion Week, serta Front Row Paris.

Melalui panggung Indonesia Now di gelaran LFW, Kami. membawakan koleksi Orva yang beberapa koleksinya menampilkan tenun Garut sebagai motif utama.

CEO Kami., Istafiana Candarini yang akrab dipanggil Irin mengatakan, ajang ini dapat menjadi kesempatan emas bagi jenama lokal untuk bisa membuka kesempatan ke pasar yang lebih luas.

"London Fashion Week ini merupakan pencapaian ketiga Kami setelah berkesempatan tampil di New York dan Paris pada tahun yang sama,"

"Kami diberi kesempatan oleh Indonesia Now serta Kementerian Perdagangan Republik Indonesia yang mencanangkan fashion show ini sebagai wadah untuk memperkenalkan fesyen Indonesia ke masyarakat luas, khususnya penggiat fesyen di London," kata Irin saat ditemui Kompas.com di Jakarta, baru-baru ini.

Baca juga: Intip, Kreasi 6 Jenama Fesyen Lokal yang Tampil di London Fashion Week 

Koleksi Orva Kami. dan tenun Garut di LFW

Koleksi Kami di London Fashion Week SS 23/24KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Koleksi Kami di London Fashion Week SS 23/24

Pada musim London Fashion Week ini, Kami. menyiapkan koleksi bernama "Orva" dibalut dengan pattern Rain Lily yang melambangkan “harapan” dari perjalanan 14 tahun sebagai modest fashion brand.

Koleksi Orva ini lebih banyak terinspirasi dari keanggunan kota London yang digabungkan dengan gaya urban yang menjadi identitas Kami.

Sekitar 12 looks akan dihadirkan yang secara garis besar memiliki siluet yang elegan, modern yang diperkaya dengan potongan asimetris, pleats, potongan oversize, dan yoke yang terinspirasi dari siluet trench coat yang identik dengan Inggris.

Semua elemen ini dipercantik dengan adanya beadings, membuat tampilan semakin memikat.

"Kami sengaja merancang koleksi ini dengan sentuhan sesuai dengan pasar Middle East yang sedang digemari di sana," tambah Irin.

Selain siluetnya, detailed craftsmanship juga menjadi ciri khas Kami. dituangkan ke dalam motif bunga Rain Lily yang dieksplorasi dalam permainan material yang kaya, mulai dari shantung yang memberi kesan formal, diikuti dengan satin, sutra, chiffon, yang melambai elegan hingga Kain Tenun Garut sebagai wujud kecintaan Kami terhadap kain wastra.

Sentuhan motif wastra Tenun Garutnya dituangkan ke dalam bentuk printing ke beberapa koleksi yang sudah tersedia.

Koleksi Orva ini didominasi oleh warna menawan yaitu biru, peach, coklat selaras dengan gaya urban dan chic warga London.

"Alasan kami memilih Tenun Garut karena memiliki motif yang cukup simpel untuk dipadukan dengan ciri khas busana," pungkas Irin.

Baca juga: 7 Jenama Lokal Bakal Unjuk Gigi di Panggung London Fashion Week 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com